Manfaat Tanaman Lidah Mertua

advertisement

Manfaat Tanaman Lidah Mertua – Nama Tanaman yang satu ini cukup unik, lidah mertua. Ada pula yang menyebutnya pedang-pedangan, karena bentuk daunnya yang memanjang seperti pedang. Meski demikian, saat ini sudah banyak sekalian jenis variannya, tak hanya dengan bentuk daun memanjang, namun juga dengan bentuk dan model yang mini dan unik. Nama populernya lainnya, yang sering hadir dibuku ilmiah ialah sansevieria.

Lidah mertua ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang seringkali ditanam di luar maupun di dalam ruangan. Cara tanam dan merawatnya juga cukup mudah. Bahkan bila musim kemarau, walau seminggu tak disiram akan masih bertahan. Jadi cocok untuk anda yang suka tanaman hias namun sering lupa atau malas merawatnya. Demikian pula dengan pengembangbiakannya. Cukup mudah. Melalui pemisahan tunas-tunas baru yang ada di sekitar rumpun, atau bisa pula dengan memotong kecil daunnya dan disemaikan atau dengan ditancapkan (stek) pada media tanah gembur, kadar air cukup, serta dibawah sinar matahari. Sekian minggu berikutnya dari daun-daun yang di potong tadi akan tumbuh akar-akar baru dan dengan tunas-tunas kecil. Untuk cara kedua ini, hasilnya dapat membentuk tanaman lidah mertua yang unik dan mini, serta tidak sama dengan induknya. Lidah mertua mini dan unik ini cocok ditanam di pot dan ditaruh di ruangan. Seringkali saya lihat tanaman ini ditaruh di meja-meja kantoran, bank, dan restoran.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Nah tak hanya bentuknya yang unik, tanaman lidah mertua ini juga banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat untuk diri dan lingkungan

  1. Dapat menyerap 107 jenis polutan pada daerah yang padat lalu lintas serta ruangan yang penuh dengan asap rokok. Pada setiap helai daun sansevieria terdapatpregnane glycoside, yakni zat yang dapat mengurai zat beracun jadi senyawa organik, gula, serta asam amino. Zat beracun yang telah diurai, contohnya karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, triklorotilen dan koloroform.
  2. Dalam ruangan, lidah mertua dapat mengatasisick building syndrome,yakni keadaan ruangan yang tak sehat karena tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin rokok, serta pemakaian AC. 1 tanaman lidah mertua berjenis trifasciata lorentii dewasa dengan daun 4/5 helai mampu menyegarkan kembali udara di dalam ruangan seluas 20 m persegi.
  3. Untuk lidah mertua berjenis trifasciata lorentii yang telah dipotong-potong 5 cm dan ditempatkan dalam kulkas bisa menghilangkan bau aroma tak sedap. Pada lingkungan industri potongan daun ini seringkali disebarkan pada ruang-ruang produksi industri bertujuan untuk mereduksi senyawa beracun yang sudah terhirup oleh para pekerja.
  4. Mampu mereduksi radiasi gelombang elektromaghnetik yang dikeluarkan komputer dan televisi. Maka sangat baik bila tanaman ini jika ditaruh disamping televisi atau komputer.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kesehatan

Sebagai antibiotika, radang, kencing manis, flu, tekanan darah tinggi, gigitan ular. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman lidah mertua, yakni pada daunnya punya kandungan abamagenin, kardenolin, polifenol dan saponin.

Cara penggunaan :

Untuk mengatasi Tekanan Darah Tinggi, digigit ular, diare, radang saluran nafas, radang usus dan radang lambung:
Cuci hingga bersih 27 gram akar lidah mertua kering, rebuslah dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Saringlah air rebusan tadi, kemudian minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Untuk mengatasi influenza, kencing manis, batuk,:
Cuci sampai bersih 25 buah lidah mertua, rebuslah dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Sesudah dingin saringlah rebusan tadi kemudian minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.
Itulah tanaman lidah mertua yang rupanya sangat kaya manfaat. Tak hanya sebagai penghias atau sebagai pagar aja, namun manfaatnya sangat bagus bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Bahkan pada beberapa literatur ilmu kesehatan, tanaman ini sangat banyak manfaatnya dalam dunia pengobatan. Jadi, tak ada salahnya bila anda menanamnya sebagai tanaman hias dan sekaligus bisa menikmati manfaat sehatnya.

Demikian manfaat dan khasiat tanaman lidah mertua yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang telah kami paparkan dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekeluarga. Anda suka artikel ini? Jangan sungkan untuk membagikannya via akun social media twitter, facebook atau google+. Terima Kasih

Manfaat Tanaman Lidah Mertua | Planter | 4.5