Manfaat Tanaman Obat Nona Makan Sirih

Tanaman Nona Makan Sirih (Clerodendrum thomsonae) ini merupakan sebuah tanaman semak atau perdu dengan cabang rendah. Umumnya, di Indonesia tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias yang bisa tumbuh dengan baik di kawasan dataran rendah ataupun dataran tinggi. Tanaman dengan bunga indah ini sebenarnya asalnya dari Afrika Barat, atau tepatnya dari Kamerun barat hingga Senegal. Tanaman ini biasanya ditemukan di dataran dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Karena kecantikan tanaman ini, maka telah banyak orang yang membudi dayakan dengan cara menanam dalam pot. Tanaman ini akan lebih baik jika ditanam di tempat yang sedikit terlindung atau terkena paparan sinar matahari secara langsung agar supaya menghasilkan bunga yang bagus. Tanaman Nona Makan Sirih jika masih muda bisa tumbuh tegak, lalu jika bertambah panjang batangnya akan merambat / membelit.

Tinggi tanaman ini antara 40–50 cm. Tanaman ini juga punya ranting muda yang berbentuk persegi empat. Tanaman ini memiliki kelopak bunga berwarna putih, namun kemudian berubah menjadi merah ungu saat terjadi penyerbukan. Tajuk bunga bentuknya seperti tabung, panjang kira-kira 2 cm. Ujung tajuk melebar ke luar, berbentuk seperti bintang dengan warna merah gelap, yang seakan-akan menyerupai bibir seorang nona sedang makan sirih.Manfaat Tanaman Obat Nona Makan Sirih

Manfaat Tanaman Obat Nona Makan Sirih

Lebar bibir yang bentuk bintang ialah sekitar 7-10 mm. Bunga nona makan sirih tersusun sebagai bunga yang majemuk menggarpu dan terdiri dari 8 hingga 20 kuntum bunga. Bunga ini berkembang tersusun mulai dari bulan Januari sampai Desember. Sementara daun dari tanaman ini bentuknya bulat telur dan ujung meruncing, ukuran panjang 4 sampai 17 cm dan lebarnya 2 hingga 10 cm.

Tanaman ini juga berbuah. Buah ukuran kecil dan setiap buah punya biji berjumlah empat. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan bijinya atau disetek. Umumnya orang memperbanyak tanaman ini dengan cara setek. Hal ini karena pertumbuhan dari tanaman Nona Makan Sirih dengan di setek akan lebih cepat dibanding metode penanaman biji.

Adapun Kandungan kimia dan efek farmakologis yang terdapat dalam tanaman nona makan sirih sepertinya masih belum banyak diketahui. Untuk efek farmakologis nona makan sirih, diantaranya ialah untuk menghilangkan panas dan racun.

Bagian yang biasa dipakai dan pemanfaatannya ialah daunnya bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit. Tumbuhan ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya karena dari namanya saja sudah terbilang aneh nona makan sirih, apa maksud dari nama tersebut. Apa saja manfaat dan khasiat tanaman nona makan sirih ini? Mari kita bahas yang berikut ini.

Penyakit yang bisa Disembuhkan dan Cara pakainya :

Radang Kronis Selaput Gendang Telinga (pada anak)

Cucilah hingga bersih 10-15 g daun nona makan sirih, kemudian di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Saringlah air hasil rebusannya, kemudian di minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Kencing Batu dan Melancarkan Air Seni

Cuci sampai bersih 15 g daun nona makan sirih yang masih segar, kemudian rebus dengan 3 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Tunggu sampai dingin, saringlah air rebusannya, dan bagi dua untuk diminum 2 kali di waktu pagi dan sore hari.

Artikel menarik lainnya:

nah sobat, itulah tadi rincian singkat tentang manfaat daun nona makan sirih bagi kesehatan tubuh yang tentunya berguna sebagai obat tradisional alami dan bermanfaat sebagai tanaman obat herbal yang menyembuhkan. Sekian ulasan kami dan semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang dunia pengobatan tradisional.

Manfaat Tanaman Obat Nona Makan Sirih | Planter | 4.5