Mengobati Sariawan Dengan Rimpang Alang – alang

Tanaman Obat – Ilalang atau Alang – alang merupakan salah satu jenis rumput yang dianggap hama. Dengan memiliki daun yang agak tajam seperti daun tebu. Alang – alang sering buang dan dimusnahkan. Tanaman Obat yang satu ini mempunyai nama ilmiah Imperata cylindrica dan termasuk dalam kategori atau klasifikasi dari kerajaan Plantae. Alang – alang banyak juga dimanfaatkan daunnya sebagai atap rumah dan juga digunakan sebagai bantal pada bagian bunga atau tongkolnya.

Mengobati Sariawan Dengan Rimpang Alang - alang

Mengobati Sariawan Dengan Rimpang Alang – alang

Khasiat Alang – Alang untuk kesehatan adalah :

Mengobati Sariawan : Hal ini bisa sobat lakukan dengan merebus akar atau rimpang dari ilalang tersebut. Dan meminumnya secara rutin 2 – 3 kali segari. Rebusan akar ini juga bisa mengobati panas dalam serta bibir pecah – pecah.

– Mengobati demam : Cara yang harus dilakukan sama dengan mengobati sariawan, Dan sebelum meminumnya, sobat juga bisa menambah sedkit garam agar sedikit menghilangkan rasa pekat pada air rebusan rimpang alang – alang tersebut.

Melancarkan Pencernaan : Jika secara rutin sobat mengkonsumsi sari dari rebusan akar tersebut, maka akan mencegah sembelit, Masuk Angin, Dan juga melancarkan air seni.

Alang – alang memang sangat baik untuk digunakan sebagai obat tradisional, dan juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Pada musim penghujan, Akar atau rimpang juga bisa mencegah losor atau erosi air hujan. Dikarenakan akar dari alang – alang sangat kuat dan tahan akan keadaan cuaca. Untuk perkembangbiakannya, Alang biasanya tumbuh secara liar dan dengan sistem Vegetatif atau lebi dikenal stek batang. Namun pada ilalang ini lebih identik dengan akar.

Bagaimana dengan beberapa keterangan diatas? Apa masih ragu dengan kandungan Alang – Alang? Yuk belajar dari sekarang untuk memahami tumbuhan disekitar kita. Siapa tahu bisa bermanfaat lebih untuk kehidupan, Lebih – lebih untuk kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba! Sekian dulu tentang Mengobati Sariawan Dengan Rimpang Alang – alang dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Mengobati Sariawan Dengan Rimpang Alang – alang | Khoirun Nisa' | 4.5