Obat Demam Alami

Tanaman Obat – Demam merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kehujanan atau masuk angin. Hal ini disebabkan karena berkurangnya daya tahan tubuh dan juga Asupan vitamin C yang sedikit. Oleh karena itu, kami akan berbagi sedikit ilmu tentang Obat tradisional atau jamu yang bisa menyembuhkan penyakit demam.
Obat Demam Alami
Obat Demam Alami
Penyakit ini sangat rawan sekali terjadi pada anak – anak ataupun orang dewasa yang kurang menjaga kesehatan serta kebersihan tubuh. Karena itu, sebelum kita kita beranjak ke daftar tanaman obat, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan dan mengetahui penyebab demam tersebut.
Penyebab dari demam biasanya kehujanan, masuk angin, sering begadang, meningkatnya panas tubuh diakibatkan terlalu banyak berjemur dan lain – lainnya. Dan untuk melakukan pengobatan, biasanya orang – orang akan mengompress pada kening dengan air hangat (Jangan air dingin) dan juga melepas semua selimut ataupun baju yang menempel pada tubuh sehingg semua panas bisa keluar dan cepat dingin.
Beberapa Tanaman Obat Yang menyembuhkan demam adalah :
>> Asam Jawa : Kandungan Vitamin C pada asam jawa ini sangat tinggi, sehingga memperkuat sistem pertahan tubuh terhadap penyakit. Caranya yaitu Dengan menyeduh beberapa buah asam yang sudah matang dengan ditambah sedkit gula pasir. Minum selagi hangat lalu tidur.
>> Jintan : Sobat pasti sudah tahu dengan tanaman yang satu ini, Selain bermanfaat untuk bumbu dapur, Jintan juga bisa jadi salah satu alternatif tanaman tradisional. Dengan menghaluskan jintan dan seduh sebagai pengganti kopi. Efek yang didapat adalah badan akan terasa hangat dan menghilang efek demam yaitu menggigil.
>> Daun Dewa : Tanaman obat yang satu ini memang jarang dikenal oleh orang dikarenakan jarang ditemukan dilingkungan sekitar. Namun dipedesaan, tanaman ini cukup banyak sehingga mudah untuk didapatkan. Cara penggunaannya adalah, dengan menghaluskan beberapa lembar daun dewa lalu rebus hingga mendidih, Minum air rebusan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.
>> Daun Pegagan : Tanaman obat yang satu ini merupakan salah satu alternatif atau jamu tradisional, Untuk mengkonsumsi, Haluskan beberapa lembar daun Pegagan dan rebus dengan menambah sedikit air. Minum selagi hangat (Jangan Lupa disaring biar tidak keselek).
>> Daun Beluntas : Tanaman pagar yang satu ini sering dimanfaatkan sebagi sayur, Dan penggunaan untuk demam, tinggal sobat kukus saja beberapa pucuk dari beluntas dan makan sebagai pengganti sayur.
>> Jeruk Nipis : Buah yang satu ini mempunyai rasa yang begitu kecut namun menyegarkan. Peras beberapa jeruk nipis pada gelas dan seduh dengan air panas dengan menambah sedkit gula. Minum selagi hangat dan ada kemungkinan setelah itu sobat akan berkeringat.
>> Buah Bacang : Buah yang masih satu keluarga dengan mangga ini mempunyai kandungan Vitamin C yang sangat banyak, Konsumsi buah dengan porsi yang sedang dipercaya dapat menurunkan demam. Namun usahakan makan nasi terlebih dahulu biar tidak sakit perut karena asam lambung meningkat.
>> Alang – Alang : Rumput liar yang satu ini bisa juga digunakan sebagai obat demam, Dengan merebus akar atau rimpang dari ilalang ini, Niscaya dema atau panas tubuh akan turun. Khasiat dari alang memang sangat banyak dan sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh.
>> Angsana atau Sonokembang : Tanaman rimba yang satu ini mempunyai daun yang sangat lebat dan mampu mengobati penyakit demam. Dengan merebus beberapa helai daun angsana dan meminumnya sebagai pengganti teh, Maka panas tubuh akan turun.
Bagaimana? Apa masih kurang? Hehehe.. OK akan kami tambahkan satu tips lagi yaitu menurunkan demam atau panas tubuh pada anak. Yaitu sobat harus menyiapkan beberapa bahan dibawah ini!
  • 2 Rimpang kunyit
  • 1 butir telur merpati
  • Garam
Untuk proses pembuatan yaitu dengan memarut rimpang kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian diperas dan ambil airnya. Campurkan dengan kuning telur merpati lalu minumkan pada anak yang sedang demam tersebut. Resep ini merupakan turun temurun, jadi jangan ragu untuk mencoba. Sekian dulu ya..! Semoga artikel Obat Demam Alami ini bisa bermanfaat! Jangan lupa dishare ke temen-temen ya…! Terima kasih!
Obat Demam Alami | Khoirun Nisa' | 4.5