Penyebab Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah

advertisement

Mata Berair Saat Mengiris Bawang Bawang merah adalah salah satu bahan yang terbilang hampir tak pernah ketinggalan dalam berbagai jenis resep makanan. Hampir semua kegiatan memasak di dapur umumnya tak pernah luput dari mengiris bawang merah.  Tapi, mengiris bawang merah memiliki sebuah tantangan tersendiri, utamanya bagi Anda yang baru memulai belajar memasak.

Sebagian orang menganggap bahwa mengiris bawang bukanlah perkara mudah. Karena, saat mengiris, seringkali mata kita akan terasa perih dan mengeluarkan air mata. Mengapa bawang bisa membuat kita menangis?

Mata Berair Saat Mengiris Bawang

Dijelaskan dalam sebuah sumber kesehatan, pasa saat diiris, sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan sebuah enzim yang memproduksi gas yang dikenal dengan propanethial sulphoxide. Saat hal tersebut mengenai mata, gas akan bereaksi dengan air mata dan akan memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar yang ringan. Kemudian Otak mengirim sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar supaya gas dan zat asam keluar dari mata, karena tubuh kita menganggapnya sebagai benda asing.
Penyebab Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah
Lebih lama dan lebih banyak jumlah bawang diiris, maka akan semakin banyak gas yang dilepas dan makin bercucuran pula air mata. Irwin Goldman, seorang profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menjelaskan, reaksi kimia ini adalah sebuah upaya tanaman bawang untuk mengusir hama.

Agar supaya air mata tak bercucuran pada saat mengiris bawang merah, terdapat sebuah cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan membekukan terlebih dahulu bawang dalam freezer sebelum Anda mulai mengirisnya.

Temperatur yang dingin akan menjadikan enzim dilepas lebih perlahan oleh bawang. Konsentrasi enzim yang paling tinggi ada pada bagian bawah bawang. Maka disarankan Anda mengiris bagian tersebut paling akhir agar supaya rasa pedih pada mata tak berlangsung terlalu lama.

Beberapa Manfaat Mengonsumsi Bawang bagi Tubuh

Bawang seringkali kita temui dalam hidangan makanan kita. Sebagai sebuah bahan pelengkap ataupun penyedap untuk menambah cita rasa dalam makanan. Bila Anda gemar mengkonsumsi bawang, mungkin Anda akan merasa senang dengan manfaat yang Anda dapat dari mengkonsumsi bawang.

Berikut ini merupakan manfaat dari mengkonsumsi bawang bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Fitokimia dalam bawang akan meningkatkan kerja Vitamin C yang ada dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh pun akan semakin meningkat.
  2. Bawang memiliki kandungan kromium, yang dapat membantu dalam mengatur gula darah sehingga dengan mengkonsumsi bawang, akan menghindarkan diri kita dari resiko diabetes.
  3. Selama berabad lamanya, bawang sudah dipakai untuk mengurangi masalah peradangan dan menyembuhkan infeksi. Bawang juga bisa dipakai sebagai pereda demam.
  4. Bawang mentah akan mendorong produksi kolesterol baik (HDL), sehingga mampu menjaga jantung kita tetap sehat.
  5. Sebuah senyawa yang dikenal dengan nama quercetin yang kuat yang terdapat dalam bawang diketahui memberikan peran penting dalam mencegah kanker.
  6. Anda digigit lebah madu? Oleskanlah bawang di daerah yang digigit untuk bantuan segera dari rasa sakit dan juga sensasi terbakar.
  7. Bawang dapat mengikat radikal bebas, sehingga akan mengurangi resiko Anda terkena infeksi lambung.

Artikel menarik lainnya:

10 Makanan penambah stamina alami

Manfaat Teh serai bagi tubuh

Ketahui, jenis makanan yang sulit dicerna tubuh

Bila Anda tak begitu suka dengan bawang yang dimakan mentah, mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengirisnya tipis-tipis dan mencampurkannya dengan salad sayur. Nah, gimana? makin suka mengkonsumsi bawang kan sobat?. Sekian informasi ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

 

Penyebab Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah | Planter | 4.5