Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan?

Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan? – Sudah tak perlu diragukan lagi bila sayuran hijau amat tinggi kandungan manfaat sehatnya bagi tubuh kita. Selain kaya kandungan serat yang dapat mendukung kesehatan organ pencernaan, zat hijau daun yang dimiliki atau yang dikenal dengan klorofil sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Bayam (Amaranthus spp.) adalah jenis tumbuhan yang biasanya ditanam sebagai bahan pangan yang dikonsumsi daunnya atau sayuran hijau. Bayam berasal dari Amerika tropik yang saat ini sudah tersebar di seluruh dunia. Tumbuhan bayam ini dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan zat besi yang baik bagi tubuh.Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan

Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan?

Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya akan berbagai macam tanaman hijau termasuk berbagai jenis sayurannya. Nah, Salah satu jenis sayuran hijau yang gampang ditemukan di Indonesia ialah sayur bayam. Mengolahnya dengan cara ditumis ataupun direbus, bayam bisa mendukung dan menunjang kesehatan tulang kita berkat adanya kandungan kalsium di dalamnya.

Mungkin sudah lama kita tahu bahwa, Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa kita dilarang memanaskan lagi sayur bayam yang sudah dimasak. Karena dikhawatirkan zat nitrat yang ada di dalamnya akan berubah jadi racun. Benarkah hal itu?

Sebuah Penelitian yang dilakoni oleh Nutrifood Research Center – Indonesia, menyangkal hal itu. “Nitrat adalah kandungan senyawa yang stabil sehingga tak kan berubah karena adanya pemanasan. Selain itu pula, sejauh ini tidak ada sama sekali adanya hal yang mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya kandungan nitrat tak kan menyebabkan terjadinya kanker ataupun penyakit berbahaya lainnya.”

“Meskipun begitu, kita memang tak dianjurkan untuk memanaskan lagi sayur bayam ataupun berbagai jenis sayuran hijau lainnya hingga 2 kali karena proses pemanasan, karena akan mengurangi kandungan nutrisi & vitamin yang terkandung di dalamnya.”

So, sudah jelas bukan? Mitos tersebut hanya salah kaprah saja? Nah lain kali jika mendengar satu mitos, silahkan digali dahulu kebenarannya, agar kita tidak ikutan salah kaprah.

Sekian artikel kami kali ini tentang Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan?, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda semua dan sedikit memberikan pencerahan tentang mitos yang sudah kadung beredar di kalangan masyarakat kita tentang fenomena sayuran hijau utamanya sayur bayam yang kaya kandungan manfaat ini. Jika Anda menyukai artikel ini silahkan bagikan / sharing melalui akun G+, fb, atau twitter anda agar teman / orang lain dapat membacanya juga dan mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia kesehatan khususnya. Terima kasih

Sayur bayam akan jadi racun sehabis dipanaskan? | Planter | 4.5