Sehabis Takjil Sebaiknya Jeda Dahulu Sebelum Makan Berat

Sunday, June 12th, 2016 - Kesehatan

Sehabis Takjil Sebaiknya Jeda Dahulu Sebelum Makan Berat – Sehabis menahan lapar dan dahaga dalam waktu seharian penuh, ketika tiba waktu berbuka Puasa memang menjadi momen yang yang dinantikan. Walaupun demikian, sebaiknya sehabis mengkonsumsi takjil pada saat berbuka puasa, janganlah anda langsung mengkonsumsi makanan berat.

Puasa punya efek menyehatkan untuk saluran cerna manusia karena organ tubuh kita yang satu ini bisa diberi kesempatan untuk beristirahat. Karena itu, kita jangan langsung memberikan paksaan untuk bekerja keras dengan cara langsung makan dalam jumlahh banyak pada saat berbuka puasa.

Sehabis Takjil Sebaiknya Jeda Dahulu Sebelum Makan Berat

Seorang konsultan program penurunan berat badan bernama Dr.Grace Judio-Kahl, Msc, , menyarankan pada kita agar supaya pada saat berbuka Puasa kita memberikan waktu jeda sekitar 30 menit sebelum makan besar.

“Dikarenakan sudah lebih dari 12 jam kita berpuasa, tubuh tak terima makanan dan lambung juga tak bekerja. Bila makanann langsung masuk dalamm jumlah yang cukup banyak nanti akan kaget,” kata dokter dari Klinik LightHOUSE ini.

Selain memperhatikan organ pencernaan, enzim dan hormon yang mencerna makanan juga perlu bekerja ekstra keras bila kita langsung makan besar pada saat berbuka puasa.

“Jika tiba-tiba masuk gula dan tepung dalam jumlah porsi banyak, maka dia harus memproduksi enzim dan juga insulin dalam jumlah banyak dalam waktu sekejap,” ujarnya.

Pada Saat berbuka puasa, Grace menyarankan pada kita agar mengawalinya dengan takjil yang sehat seperti air putih, teh manis, maupun pun buah kurma. Bukankah agama kita juga menyarankan agar berbuka dengan yang manis, Karena makanan manis mampu mensuplai energy pada kita dengan cepat. Jadi, alangkah baiknya jika habis santap takjil (sekedar membatalkan puasa) kemudian kita langsung berwudhu dan melaksanakan sholat terlebih dahulu. Namun jangan makan terlalu banyak dan berlebihan ya…. Karena kalo kekenyangan tentu akan mengganggu karena kita harus sholat tarawih bukan?. Baca juga, Makanan pembersih lidah

“Dan Meskipun ingin menurunkan berat badan, tak apa-apa sekali-kali takjilnya yang manis contohnya kolak ataupun es campur. Bulan Ramadhan datangnya setahun sekali, jika kita terlalu pantang nanti jadinya malah stres sehingga kemungkinan eating disorder akan lebih tinggi,” ungkapnya. Baca juga, Makanan kaya kalsium untuk tulang dan gigi

Nah, sobat…. Itulah tadi bahasan kita kali ini tentang Sehabis Takjil Sebaiknya Jeda Dahulu Sebelum Makan Berat, semoga apa yang telah kami sampaikan tadi dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Dan semoga amal ibadah kita di bulan penuh berkah ini diterima oleh Alloh SWT. Amiin.

Sehabis Takjil Sebaiknya Jeda Dahulu Sebelum Makan Berat | Planter | 4.5