Beberapa Jenis tanaman obat yang ada dalam Al Quran

Tanaman obat dalam Al-Quran – Maha Pencipta sudah menganugerahkan pada manusia dengan beraneka jenis tanaman di muka bumi ini. Tak sedikit dari jenis tanaman tersebut yang berkhasiat sebagai obat, dan sebagian sudah disebutkan dalam Alquran dan Hadits.

Berbagai usaha berupa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, termasuk para cendekiawan muslim untuk membuka rahasia tanaman-tanaman ini. Hal itu menandakan apa yang ditulis dalam Alquran dan Hadits asalnya dari sumber yang sama dengan penciptaan alam semesta, yaitu Allah SWT. Salah satunya yang telah  dilakukan oleh seorang pakar botani muslim bernama ad-Dinawari (828-896 M). Beliau disebut-sebut sebagai sumber di balik kesuksesan Revolusi Hijau lewat bukunya berjudul an-Nabat.

Beberapa Jenis tanaman obat yang ada dalam Al Quran

Nah sobat, beberapa jenis tanaman berkhasiat obat yang telah disebutkan dalam Alquran dan Hadist, diantaranya adalah:

Kurma. Alquran menyebut tanaman ini sampai 20 kali dan menempatkannya sebagai tanaman yang istimewa. Kurma dengan berbagai ragam jenisnya rupanya banyak memiliki manfaat dan khasiat. Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus dan juga membantu melancarkan saluran kencing, sedang kurma basah bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendarahan pada wanita pad saat melahirkan dan dapat mencegah stroke. Bahkan, Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari dan Muslim dikatakan bahwa mengkonsumsi tujuh kurma akan menangkal sihir dan racun.

Zaitun. Buah Zaitun selain karena rasanya enak juga bisa menjadi salah satu sumber makanan yang dapat menyehatkan. Memiliki kandungan asam linoleik, utamanya sangat bermanfaat bagi ibu-ibu dalam masa menyusui. Karena asam linoleik dapat membantu proses pertumbuhan bayi. Bahkan para penderita diabetes dan arterioclerosis (atau penebalan saluran darah) direkomendasikan untuk mengonsumsi minyak zaitun yang memiliki kandungan sekitar 30% asam linoleik.

Zaitun mengandung klorin yang berfungsi untuk membantu kerja sistem liver. Selain itu pula, zaitun telah dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit jantung dan saluran darah. Minyak zaitun punya kemampuan dalam mengurangi LDL, yakni zat sejenis kolestrerol yang dapat menganggu kesehatan. Tak heran bila Allah menyebutkan nama buah Zaitun dalam Alquran.
Jahe. Tanaman obat berkhasiat lainnya yang diabadikan dalam Alquran ialah jahe. Seperti yang tercantum dalam al-quran surat al-Insan ayat 17, “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya ialah jahe”. Jahe berguna untuk mengembalikan sistem metabolisme tubuh, memberi efek hangat, sebagai penangkal masuk angin, dan lainnya.

Aroma dan rasanya yang cukup khas bahkan sering dijadikan sebagai pelengkap atau bumbu masakan. Maka tak heran, seperti diungkapkan oleh Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah SAW sangat menyukai memperoleh hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.

Anggur.
Anggur punya nilai gizi tinggi. Terdiri dari 20 hingga 25% gula yang gampang masuk dalam aliran darah. Cocok bagi mereka yang beraktifitas menguras fisik. Anggur efektif dalam mengurangi anemia. Dalam anggur terdapat sebuah kandungan zat besi dan gula, membantu menggiatkan produksi darah sekaligus untuk obat liver, ginjal dan sistem pencernaan.

Terdapat banyak jenis Anggur, dan tanaman anggur gampang diBudidayakan di Indonesia. dapat melalui pembibitan biji ataupun dengan cara modern, seperti kultur jaringan. Perawatan yang penting ialah penyiraman air dan pemupukan cukup. Selain itu pula pemotongan untuk mengurangi ranting-ranting, sampai tanaman Anggur lekas berbuah. Baca juga: Tanaman obat untuk demam berdarah
Tin. Selain zaitun, demi buah tin ini Allah SWT bersumpah, sebagaimana tertulis dalam surah at-Tin ayat 1 dan 2. Ini tak lain sebagai isyarat kuat tentang kedudukan dan manfaat istimewa dari tanaman tin yang tak terdapat di kota Makkah dan Madinah. Tin rupanya mengandung kalium, omega 3 dan 6, fenol, dan juga magnesium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menjaga serangan jantung koroner. Selain itu pula, kandungan serat makanan yang baik dan disarankan untuk diet.

Delima. Menurut riset, delima telah terbukti banyak kandungan potasium, fosfor, kalsium,  besi dan sodium dan vitamin A, B dan C. Baik dalam menjaga kenormalan detak jantung. Delima juga sangan dapat membantu untuk menghilangkan rasa letih pada otot. Alquran sendiri menyebutkan buah Delima dan Zaitun dalam sebuah ayat (Al-An’aam [6]: 141). Beberapa manfaat buah delima diantaranya sebagai berikut:

Mencegah kanker :

Jumlah tinggi zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan juga zat besi di dalam buah delima berguna untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah ini akan menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya juga akan mencegah kanker, utamanya kanker prostat, kanker payud*ra dan juga kanker paru-paru.

Mencegah penyakit jantung :

Zat Antioksidan yang terdapat dalam buahh delima mampu menurunkann kolesterol jahat (LDL),  dan juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Akhirnya akan meningkatkan aliran darah ke organ jantung, sehingga akan membuat jantung anda tetap sehat. Tanaman obat untuk asam lambung tinggi

Meningkatkan kekebalan tubuh:

Buah delima yang berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. vitamin C amat penting dalan menjaga dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka, makan buah delima setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Baca juga, tanaman obat untuk batu ginjal

Menyehatkan Kulit

Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu memproduksi kolagen bagi kulit sehat. Minyak Delima asalnya dari biji delima, yang bisa diterapkan pada tubuh. Zat anti oksidan mampu melindungi kulit dari polusi, dan mencegah penuaan dini dan juga kanker kulit. Buah delima dapat membantu dalam meregenerasi sel kulit, membersihkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga dapat membuat kulit Anda jadi sehat dan juga bersinar.

Nah sobat, sekarang sudah tahu bukan tentang Beberapa Jenis tanaman obat yang ada dalam Al Quran, semoga ulasan singkat ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi anda tentang dunia tanaman herbal yang berguna sebagai bahan pengobatan tradisional.

Beberapa Jenis tanaman obat yang ada dalam Al Quran | Planter | 4.5