Tanaman obat untuk flu dan batuk bahan alami

Tanaman obat flu dan batuk – Di saat musim hujan, anak-anak dan dewasa cukup rentan terserang penyakit influenza, sakit kepala, pilek, demam tinggi, dan juga sakit tenggorokan. Namun apakah memungkinkan bila terkena alergi terhadap dingin? tentu saja mungkin.

Pilek dan alergi dingin bisa menyerang siapa saja. Tubuh pasien pilek alergi umumnya amat sensitif pada benda atau zat penyebab alergi. Umumnya ini karena hidung atau dengan cara dihirup melalui makanan. Gejalanya dimulai dengan rasa gatal pada hidung, diikuti dengan bersin, adanya lendir hidung dan cairan. Umumnya, gejala ini terasa paling parah di saat malam hari. Kami anjurkan untuk menggunakan bahan alami tanpa obat kimia untuk mengatasinya.

Ada dua jenis alergi penyebab pilek, tubuh yakni internal dan eksternal. Faktor internal dapat disebabkan oleh hormon, psikologis dan keturunan (alergi). Faktor lain dapat disebabkan oleh alergen diantaranya seperti debu atau inhalasi alergen makanan contohnya susu, ikan dan lainnya. Untuk pasien alergi terhadap dingin perlu cerdas dalam menghindari alergi.Tanaman obat untuk flu dan batuk bahan alami

Tanaman obat untuk flu dan batuk

Meski terlihat sepele, cuma dingin, namun bila tidak dilakukan terapi akan mengakibtkan komplikasi yang akhirnya akan menyulitkan pada pengobatan. Tak hanya mempersulit pengobatan, namun juga akan meningkatkan penderitaan kepada pasien. Jika dibiarkan, komplikasi bisa terjadi di telinga, pipi, hidung, dan juga tenggorokan polip. Perlu dipertahankan dalam menghindari komplikasi timbul ialah dengan cara melakukan pencegahan dan pengobatan sesegera mungkin.

Selain untuk menghindari komplikasi, perlu dilakukan merubah gaya hidup untuk menghindari masalah alergi hidung meler. Menghindari bisa dilakukan dengan cara olahraga teratur setiap pagi selama 30 menit, olahraga akan memperbaiki kondisi keseluruhan tubuh dan juga mengaktifkan sel-sel kekebalan. Konsumi makanan bergizi, utamanya buah-buahan dan sayuran, sitirahatlah dengan cukup dan hindari stress juga dapat mencegah kita dari flu dan alergi.

Cara mengobati flu dan batuk tanpa obat kimia bisa diberikan bahan herbal alami diantaranya seperti Daun Sambiloto. Selain untuk mengatasi alergi juga dapat menstabilkan sel-sel yang tak menimbulkan gejala alergi.

Cara Mengobati Flu Dan Batuk Dengan Daun Sambiloto

Selain untuk prostat, sambiloto juga baik digunakan untuk berbagai macam jenis penyakit. Di bawah ini akan kami jabarkan sedikit tentang apa itu Sambiloto dan manfaatnya.

Tanaman obat ini termasuk jenis familia Acanthaceae. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di tempat terbuka, seperti di tepi jalan, ladang, ataupun tanah kosong yang terbengkalai, dan juga di pekarangan rumah. Daerah penyebarannya dari dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Untuk budidayanya cukup mudah, petiklah buah yang sudah tua, lalu ambil bijinya, dan semaikan. Nama lain dari Sambiloto: Papaitan (Sumatera), takilo, bidara, sadilata, ki oray, ki peurat, ki ular, sambilata, takila (Jawa). Tanaman ini memiliki kandungan :

Lakton: deoxy-andrographolide, neoandrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, 12-didehydroandrographolide, dan juga homoandrographolide.

Flavanoid: Alkane, aldehyde dan ketone.

Manfaat tanaman sambiloto:

  • TBC Paru-paru

Ambil daun sambiloto segar lalu dikeringkan, giling halus hingga jadi bubuk. Kemudian, ditambah sedikit madu lalu dibuat bulatan-bulatan pil diameter sekitar 0,5 cm. Sebaiknya pil tersebut diminum menggunakan air matang 2 hingga 3 kali sehari. Sekali minum bisa 15-30 pil.

  • Typus

Petiklah 10 sampai 15 lembar daun sambiloto yang segar. Tambahkanlah air secukupnya dan rebus sampai mendidih. Untuk mengatasi rasa daun yang pahit, pada saat minum bisa dicampur dengan madu.

  • Kencing nanah

Petiklah 3 batang sambiloto berikut daunnya. Cuci bersih kemudian rebus dengan 4 gelas air minum sampai tersisa 2,25 gelas aja. Dinginkan air dahulu, kemudian disaring. Bila hendak diminum tambahkanlah madu secukupnya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

  • Batuk rejan atau pertusis

3 lembar daun sambiloto diseduh dengan menggunakan air panas lalu tambahkan sedikit madu. Minumlah larutan ini 3 kali sehari.

  • Penambah nafsu makan

Siapkanlah 10 helai daun sambiloto. Siapkan juga kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 gram. cuci bersih bahan-bahan tersebut, lalu rebus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum sehari sekali satu gelas aja. Untuk menghilangkan rasa pahit bisa ditambahkan sedikit madu.

  • Demam

Daun sambiloto yang masih segar bisa ditempelkan ke badan atau dahi si penderita.

  • Hidung berlendir dan sakit gigi

Sebanyak 9 hingga 15 gram tanaman segar direbus kemudian diminum sehari 3 kali.

  • Obat tetes telinga

Tanaman sambiloto segar dilumatkan lalu diperas airnya, teteskanlah air perasan tadi ke telinga.

Baca juga:

Nah sobat, Demikianlah cara mengobati flu dan batuk dan khasiat daun sambiloto untuk kesehatan, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Tanaman obat untuk flu dan batuk bahan alami | Planter | 4.5