10 Tanaman Obat Herbal Tradisional Untuk Stroke

Tanaman Obat Herbal Tradisional Stroke – Stroke merupakan terjadinya gangguan suplai darah ke bagian otak yang mengakibatkan matinya sel-sel otak. Pada penderita stroke umumnya akan mengalami gejala seperti kesulitan untuk berjalan dan juga berbicara, mati rasa pada salah satu sisi bagian tubuh, rasa sakit kepala dan penglihatan yang kabur. Stroke bisa menyebabkan cacat sementara ataupun permanen, sehingga perawatan pasca-stroke akan sangat penting untuk proses pemulihan.10-tanaman-obat-herbal-tradisional-untuk-stroke

Tanaman obat herbal tertentu telah diketahui mampu mencegah terjadinya kerusakan stroke yang serius dan dapat membantu untuk mempercepat proses pemulihan sesudah seseorang mengalami stroke. Berikut ini kami berikan kepada anda beberapa jenis tanaman obat herbal yang bisa digunakan untuk membantu proses pemulihan penderita stroke, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Tanaman Obat Ginseng
manfaat ginseng untuk stroke

manfaat ginseng untuk stroke

Ginseng merupakan salah satu jenis obat herbal yang paling banyak dipakai di dunia. Sudah dipakai dalam berbagai pengobatan penyakit dan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan telah dipakai selama bertahun-tahun, utamanya di negara-negara Asia. Ginseng sudah disarankan sebagai pengobatan yang cukup efektif untuk sejumlah gangguan neurologis, termasuk diantaranya stroke dan gangguan neurodegenerative akut dan juga kronis lainnya.

Ginseng mampu menurunkan disfungsi sel endotel. sel endotel akan melapisi bagian dalam dari pembuluh darah. Ketika sel-sel ini terganggu, maka akan menyebabkan serangan jantung ataupun stroke. Potensi ginseng untuk tenang pembuluh darah mungkin telah terbukti menjadi pelindung terhadap kondisi ini.

Hal ini juga akan mencegah kematian neuronal dikarenakan stroke, sehingga akan menurunkan kerusakan stroke yang anatomis dan juga fungsional. Peran ginseng dan saponin untuk pencegahan dan penanganan stroke sudah menjadi bidang yang amat menarik untuk para peneliti. Studi sudah menjelaskan berbagai mekanisme berkontribusi tentang khasiat ginseng dan pengaruhnya pada stroke iskemik.

  1. Tanaman obat ginkgo biloba
manfaat ginkgo biloba untuk obat stroke

manfaat ginkgo biloba untuk obat stroke

Ginkgo biloba sudah dipakai dalam pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun lamanya, dan sekarang ini telah menjadi salah satu suplemen herbal yang sangat populer, banyak diiklankan sebagai zat antioksidan yang dapat membantu mencegah hilangnya memori dan juga demensia.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa ginkgo biloba mampu membantu untuk melindungi otak Anda terhadap kerusakan dan juga membantu proses penyembuhan & kesehatan bagi penderita stroke.

 

  1. Tanaman obat bilberry
manfaat bilberry sebagai obat stroke

manfaat bilberry sebagai obat stroke

Bilberry memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dikenal dengan anthocyanidins. Flavonoid adalah sebuah pigmen tumbuhan yang bersifat antioksidan yang baik. Ini artinya bahwa mereka akan mengais partikel perusak dalam tubuh yang disebut sebagai radikal bebas dan bisa membantu dalam mencegah sejumlah penyakit jangka panjang, seperti diantaranya penyakit jantung dan stroke.

Selain itu pula, menurut penelitian lainnya, anthocyanosides pada blueberry ini mampu memperkuat pembuluh darah, dapat meningkatkan sirkulasi, dan juga untuk mencegah oksidasi LDL ( “buruk”) kolesterol, faktor resiko utama untuk aterosklerosis (atau plak pembuluh darah tersumbat, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan juga stroke). Bilberry dan jenis buah berry yang lain juga dapat membantu mencegah stroke iskemik tanpa meningkatkan resiko stroke hemoragik. Dengan mengkonsumsi satu gelas jus huckleberry yang diambil dua kali seminggu akan membantu mencegah stroke.

 

  1. Tanaman obat kunyit
manfaat kunyit untuk menyembuhkan stroke

manfaat kunyit untuk menyembuhkan stroke

Studi awal mengemukakan bahwa kunyit bisa mencegah serangan jantung ataupun stroke. Penelitian pada hewan sudah menunjukkan bahwa ekstrak kunyit mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Hal ini berguna karena teroksidasi deposito LDL pada dinding pembuluh darah dan berkontribusi pada pembentukan plak aterosklerosis dan juga kerusakan lain pada pembuluh.

Para ilmuwan sudah menciptakan sebuah molekul baru dari zat kurkumin, komponen kimia kunci dalam bumbu kunyit. Dalam sebuah percobaan laboratorium, molekul ditunjukkan dengan mempengaruhi mekanisme yang dapat melindungi dan juga meregenerasi sel-sel otak sesudah stroke.

  1. Tanaman obat bawang putih
manfaat bawang putih untuk menyembuhkan stroke

manfaat bawang putih untuk menyembuhkan stroke

Dalam sebuah studi baru-baru ini, mengemukakan bahwa asupan bawang putih akan memprediksi aliran darah pada individu yang sudah mengalami stroke iskemik. stroke iskemik terjadi karena akibat dari obstruksi yang ada dalam pembuluh darah dan memasok darah ke otak.

Studi klinis menyimpulkan bahwa bawang putih segar dan bawang putih suplemen mampu mencegah pembekuan darah dan juga untuk menghancurkan plak. pembekuan darah dan aliran darah blok plak dan berkontribusi pula pada pengembangan serangan jantung serta stroke. Bawang putih juga sangat bermanfaat dalam mengurangi faktor resiko penyakit jantung dan stroke seperti terjadinya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan juga penyakit diabetes.

  1. Tanaman obat baikal kopiah / scutellaria baicalensis

manfaat-scutellaria-baicalensis-untuk-obat-strokeTanaman Baikal kopiah / scutellaria baicalensis memiliki kandungan 4 flavonoid yang ampuh: baicalin, oroxyloside, norwogonoside, dan wogonoside. Ekstrak kopiah bisa membantu pemulihan penyakit stroke dengan melakukan trombosis otak dan juga kelumpuhan akibat stroke.

Sebuah studi yang dilakuakn oleh W. Tang dan rekan, mengemukakan bahwa tindakan inflamasi dan antioksidan flavonoid scutellaria baicalensis mampu mengikat reseptor yang dapat menghalangi proses neurodegenerative sesudah stroke. Studi ini mengemukakan tentang khasiat ekstrak kopiah untuk mencegah kerusakan otak yang berhubungan erat dengan penyakit stroke dan untuk membantu proses pemulihan stroke.

 

  1. Tanaman Obat Daun Sambilato
manfaat Daun Sambilato sebagai obat stroke

manfaat Daun Sambilato sebagai obat stroke

Daun ini memiliki sangat banyak sekali manfaat, salah satunya ialah sebagai obat tradisional untuk mengobati stroke. Kandungan senyawa dalam daun sambilato akan memberikan efek muskarinik pada bagian pembuluh darah. Caranya ialah dengan menyeduh 7 lembar daun sambiloto kedalam setengah cangkir air yang panas. Tambahkan pula madu dalam minuman tersebut dan minumlah 3 kali dalam sehari. Tanaman obat tradisional stroke dari manfaat daun sambiloto ini biasanya mudah diperoleh di lingkungan sekitar rumah.

 

  1. Tanaman Obat Motherwort
manfaat tanaman Motherwort untuk obat stroke

manfaat tanaman Motherwort untuk obat stroke

Bahan aktif yang terkandung dalam tanaman obat ini termasuk diantaranya; stachydrine, quercetin, leonurine, kaempferol, dan apigenin, yang kesemuanya zat antioksidan potensial. Sebuah studi mengemukakan bahwa ekstrak berguna untuk mengurangi daerah yang terkena stroke, untuk memulihkan kerusakan saraf yang diakibatkan oleh stroke dan melindungi sel-sel otak. Studi ini telah mendukung pemakaian tradisional ekstrak motherwort untuk dapat meningkatkan pemulihan sehabis stroke.

Sebuah studi menunjukkan bahwa motherwort mampu meningkatkan sirkulasi darah. Dalam Studi lain menunjukkan bahwa kualitas sama rendah mengindikasikan bahwa motherwort akan melindungi jaringan otak pada orang yang terkena stroke.

Motherwort juga akan memperbaiki jantung berdebar yang kadangkala akan menyertai penyakit tiroid dan hipoglikemia (gula darah rendah). Motherwort bermanfaat untuk sakit kepala, vertigo dan insomnia. Hal ini kadangkala dipakai untuk meringankan bronkitis, asma, dan masalah paru-paru yang lain.

Silahkan baca juga:

 

  1. Tanaman Obat Astragalus
manfaat tanaman Astragalus untuk obat stroke

manfaat tanaman Astragalus untuk obat stroke

Ekstrak akar astragalus pada umumnya dipakai dalam pengobatan herbal Cina, dan ini merupakan tonik yang amat baik untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga energi. Akar astragalus merupakan ramuan adaptogenik yang dapat membantu mengurangi diabetes, mengurangi stres, kanker dan untuk membantu pemulihan stroke.

Astragalus merupakan ramuan yang sudah dipelajari secara ekstensif untuk efeknya terhadap peningkatan fungsi jantung, bahkan untuk pasien dengan kasus-kasus ekstrim seperti contoh gagal jantung kongestif. Hal ini dapat menghambat pembentukan peroksida lipid dan untuk mengurangi terjadinya pembekuan darah.

Sejumlah studi sudah diketahui bahwa Astragalus membranaceus (AM) bisa mengurangi daerah infark serebral dan juga memiliki anti-oksidasi. Penelitian mengemukakan bahwa Astragalus mampu membantu meremajakan jaringan otak yang telah rusak. Penelitian tersebut menemukan bahwa aliran darah ke jaringan otak akan meningkat antara tikus laboratorium dengan kerusakan otak  yang diakibatkan oleh stroke.

  1. Tanaman Obat Mengkudu/pace
manfaat Mengkudu untuk menyembuhkan penyakit stroke

manfaat Mengkudu untuk menyembuhkan penyakit stroke

Khasiat dan Manfaat mengkudu atau pace sebagai obat amat manjur. Bahkan, tak hanya sebagai obat stroke, namun bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit lainnya. Hanya saja bau dan rasa yang dari buah mengkudu ini tidak disukai oleh kebanyakan orang. Zat atau kandungan dalam buah mengkudu akan bekerja untuk memperlebar saluran pembuluh darah, dan adapun zat-zat bermanfaat lain yang ada dalam mengkudu akan membantu membersihkan penyumbatan yang terjadi. Bila terjadi serangan virus atau bakteri, maka zat antibakteri dan antivirus yang terkandung dalam mengkudu akan dapat menyerang mereka dengan cara meningkatkan imun / sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan bekerja dengan normal dan baik kembali.

10 Tanaman Obat Herbal Tradisional Untuk Stroke | Planter | 4.5