Tanaman obat infeksi saluran kencing

Tanaman obat infeksi saluran kencing – Salah satu Tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi masalah Infeksi Saluran Kencing ialah Kemuning (nama latin: Murraya paniculata) yang telah dikenal karena aromanya yang khas dan cukup tajam, utamanyaa di malam hari, dan biasa sangat mudahh ditemukan di pemukimam kalangan masyarakat tradisional daerah Minangkabau yang sering menjadikan akar tanaman ini sebagai bahan baku dalam pembuatan ladiang (golok). Tak cuma itu saja, kayu tanaman Kemuning juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tongkat dan juga sempoa.

Selain biasa ditanam sebagai tanaman hias ataupun tanaman pagar, Kemuning bisa ditemukan secara liar di daerah tepi hutan dan juga semak belukar dengan ketinggian mencapai 400 m dpl. Dan uniknya, tanaman Kemuning punya banyak variasi morfologi dalam ukuran besar.Tanaman obat infeksi saluran kencing

Tanaman obat infeksi saluran kencing

Pada umumnya, tanaman Kemuning yang biasa ditanam di pekarangan, adalah jenis yang ukurannya kecil yakni dengan ketinggian 3-8 meter, dengan dedaunan yang berbentuk kecil dan lebat. Batang tanaman Kemuning cukup keras dan beralur.

Untuk bagian bunganya biasanya punya kemiripan fisik dengan bunga Melati. Karena itulah, di Inggris, Kemuning juga dikenal dengan istilahh orangejessamine. Bagian darii tanaman Kemuning yang seringkali dipakai sebagai obat antara lain adalah bagian akar, kulit batang, hingga daunnya.

Baca juga: 12 Makanan sehat menjaga kesehatan Ginjal

Cara Pembuatan Ramuan Daun Kemuning

Dalam bidang kesehatan, masyarakat Indonesia dan juga Filipina dengan metode tradisional biasa memakai Kemuning untuk mengatasi masalah diare dan disentri secara tradisional.

Secara empiris, tanaman Kemuning telah terbukti cukup ampuh dalam mengatasi penyakit rematik, radang saluran nafas dan juga kemih, tukak lambung, obesitas, hingga infeksi saluran kencing.

Untuk penyakit infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih, pada umumnya disebabkan karena adanya serangan bakteri yang menginfeksi pada saat imunitas tubuh kitaa sedang lemah.

Jika Anda termasukk salah satu di antaraa mereka yang sedang mengalami penyakit ini, maka tak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan ramuan alami yang ada di sekitar Anda seperti menggunakan daun Kemuning ini sebagai Obat tradisional.

Dengan memanfaatkan daun Kemuning dan juga meramunya sendiri, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat ke dokter ataupun membeli obat herbal yang instant dan belum tentu alami.

Daun tanaman Kemuning ini termasuk cukup mudah diolah. Anda cuma perlu telaten dan rutin mengkonsumsinya. Berikut ini kami jelaskan kepada anda tentang cara mengolah tanaman Kemuning untuk mengobatii infeksi saluran kencing. Simak yang berikut ini:

  • Ambillah daun Kemuning yang masih segar sebanyak 35 gram, kemudian cuci sampai bersih.
  • Rebuslah daun Kemuning dalam 3 gelas air putih hingga air tersisa separuh (satu setengah gelas).
  • Matikanlah api lalu diamkan air rebusan daun Kemuning hingga dingin.
  • Saringlah air rebusan daun Kemuning tersebut.
  • Minumlah air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari, dengan takaran setengah gelas pada setiap kali minum.
  • Lakukanlah secara rutin hingga Infeksi saluran kencing yang diderita mulai berangsur membaik dan sembuh.

Adapun lamanya khasiat herbal bekerja biasanya berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya karena faktor kondisi tubuh yang mereka yang juga berbeda tentunya. Namun yang jelas, pengobatan penyakit apapun dengan menggunakan tanaman herbal memang membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan.

Baca juga: Tanaman Obat batu kandung kemih

Meskipun begitu, pengobatan infeksi saluran kencing dengan menggunakan tanaman Kemuning tak akan menimbulkan efek samping apapun, karena obat yang digunakan menggunakan bahan alami dan bukan bahan kimia berbahaya, namun kami sarankan akan lebih baik bila anda mengkonsultasikannya dengan dokter ahli atau ahli dibidang obat ramuan herbal untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Baca juga, 4 Ramuan obat batu ginjal berbahan cuka apel

Sekian informasi kali ini tentang tanaman obat infeksi saluran kencing, semoga bermanfaat untuk anda dan orang-orang yang membutuhkan informasi tentang obat tradisional yang ada di sekitar anda. Salam sehat

Tanaman obat infeksi saluran kencing | Planter | 4.5