Tanaman Obat Tradisional batu kandung kemih

Thursday, July 14th, 2016 - Tanaman Obat

Tanaman Obat Batu Ginjal – Kesehatan adalah hal yang tak ternilai harganya untuk semua orang. Akan tetapi seringkali kita lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara berusaha menerapkan pola hidup yang sehat dan kita cenderung selalu melakukan kebiasaan buruk contohnya merokok, kurang konsumsi air putih, jarang olahraga, mengkonsumsi junk food dan sebagainya. Kebiasaan buruk tadi bila terus menerus dilakukan maka akan menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kali ini kami akan bahas tentang Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk kesehatan tubuh.

Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Jenis Tanaman Kumis Kucing yang bernama latin Orthosiphon grandiflarus adalah tanaman jenis tumbuhan semak yang biasanya tersebar di daerah beriklim tropis, utamanya di Asia Tenggara. Nenek moyang kita sebenarnya sudah banyak Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing ini di bidang kesehatan. Ini terbukti dari banyaknya jenis ramuan herbal atau jamu yang memakai bahan dasar tanaman kumis kucing dalam menyembuhkan penyakit.

Tanaman Obat Tradisional batu kandung kemih

Bagian yang paling berkhasiat dari tanaman ini ialah pada daunnya. Karena daun kumis kucing memiliki kandungan kadar Kalium yang cukup tinggi dan mengandung Glikosida Orthosiponin yang dapat menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan juga oksalat dari dalam tubuh. Karena kandungan pada daun kumis kucing, maka tumbuhan ini seringkali digunakan untuk terapi pengobatan alami atau terapi herbal.

Salah satu penyakit berbahaya ialah Batu Ginjal

Batu ginjal yang ada dalam saluran kemih (kalukulus uriner) adalah perubahan atau perwujudan dari air kemih yang tak bisa dikeluarkan, lalu membentuk batu yang ada di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih yang akan menimbulkan infeksi pada saluran kemih. Batu yang ada di saluran kemih ini pula bisa terjadi dalam organ ginjal ataupun di dalam kandung kemih yang akan membentuk batu kandung kemih. Proses pembentukan batu pada saluran kemih, ginjal dan juga kandung kemih dikenal dengan urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Batu ginjal yang baru muncul kecil umumnya tak menimbulkan gejala yang biasa dirasakan. Akan tetapi batu dalam kandung kemih ini perlahan akan menimbulkan gejala diantaranya nyeri di bagian perut utamanya perut bagian bawah. Batu yang terbentuk akan mulai menyumbat ureter, pelvis renalis ataupun tubulus renalis yang bisa menyebabkan nyeri punggung ataupun kolik renalis yang dirasa sangat nyeri yang kadangkala hilang dan muncul yang umumnya dirasakan di bagian antara tulang rusuk dan juga tulang pinggang yang kemudian menjalar ke bagian perut, daerah kemaluan hingga paha bagian dalam (selangkangan).

Gejala lain juga timbul diantaranya rasa mual terasa ingin muntah, perut bagian bawah yang melembung, muncul demam, menggigil, dan kadangkala air kemih yang keluar bercampur darah, sering buang air kecil. Batu yang tersimpan lama di dalam ginjal akan menyebabkan infeksi dalam saluran kemih, yang semakin lama penyumbatan terjadi, maka air kemih akan kembali mengalir kedalam ginjal yang akan menyebabkan penekanan yang dapat menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya dapat menimbulkan hal yang fatal pada kerusakan ginjal atau disebut gagal ginjal awal.

Batu ginjal terdiri dari : kalsium, phosphate dan oksalat.

Karena umum dari timbulnya batu ginjal, ialah:

  1. Kurang mengkonsumsi air putih sehingga sistem metabolisme tubuh tak dapat berjalan optimal. Ginjal perlu cairan dalam jumlah yang banyak untuk membantu mengurai zat-zat yang masuk kedalam tubuh.
  2. Banyak kadar asam urat berlebih dalam tubuh.
  3. Infeksi yang terjadi dalam organ ginjal yang membentuk batu ginjal
  4. Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi timbulnya

Tanaman alami Obat Batu Ginjal

Penyakit tersebut bisa diobati dengan Tanaman kumis kucing, adapun beberapa manfaat & khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih
  • untuk Membersihkan empedu
  • Membersihkan ginjal dan obat batu ginjal
  • mampu Menyembuhkan rematik
  • membantu Menjaga tekanan darah
  • mengontrol gula darah
  • Obat asam urat
  • dapat Mengurangi keputihan, dan lainnya

Manfaat Tanaman Kumis KucingUntuk Kesehatan Saluran Kemih

Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan saluran kemih yang cukup terkenal yakni mengobati penyakit yang ada di area saluran kemih. Mulai dari penyakit kencing batu, infeksi saluran kemih, sampai batu ginjal juga bisa disembuhkan memakai tanaman ini. Contohnya ialah untuk mengobati infeksi saluran kemih, Anda bisa merebus 10 helai daun kumis kucing yang sudah dicuci bersih lalu air rebusan tadi diminum dengan takaran 2 kali sehari setengah gelas.

Selain infeksi saluran kemih, tanaman kumis kucing juga bermanfaat dalam mengobati kencing batu dan juga melancarkan saluran kencing. Caranya ialah dengan merebus 90mg daun kumis kucing yang sudah dibersihkan dengan 1 liter air. Biarkanlah sampai mendidih dan air rebusan hanya tersisa kira-kira 75% dari semula (kira-kira tersisa 750ml). Lalu dinginkan dan minum dengan dosis 250ml, 3 kali sehari.

Penyakit batu ginjal umumnya dipadukan dengann tanaman lainn seperti diantaranya daun keji beling dan juga daun ngokilo, dengan cara direbus secaraa bersamaan dengann takaran 25gr. Rebuslah dengan 1 liter air dan bagilah kedalam dosis 4 gelas, minum pagi, siang sore dan juga malam hari. Baca juga: 5 Tanaman obat untuk menyembuhkan asam urat

Demikianlah Beberapa Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk kesehatan, semogaa bermanfaat untuk Anda semua. Sekarang ini tanaman kumis kucing sudah banyakk yang diekstrak berbentuk kapsul yang lebih mudah untuk dikonsumsi. Jaga kesehatan anda dan biasakan pola hidup sehat.

Tanaman Obat Tradisional batu kandung kemih | Planter | 4.5