10 Tanaman Obat Tradisional untuk Cacar Air

Tanaman Obat Tradisional Cacar Air – Tahukah anda, bahwa banyak sekali jenis obat tradisional untuk mengatasi cacar air? Sebelum kita membahas tentang pengobatan cacar air dengan cara tradisional, kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian cacar air ini. Nah, siapa yang belum tahu tentang penyakit cacar air? Cacar air merupakan sebuah penyakit menular yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Adapun virus yang menjadi penyebab cacar air ini ialah Varicella Zoster. Cacar air umumnya menyerang anak-anak usia 3 hingga 5 tahunan. Adapun Gejala awal, penderita cacar air umumnya ditandai dengan badan yangg sedikit terasa demam, lesu, lemah, dan juga disertai pilek.

10 Tanaman Obat Tradisional untuk Cacar Air

10 Tanaman Obat Tradisional untuk Cacar Air

Obat Tradisional Cacar Air

Sementara itu puka, pada kasus serius umumnya akan ditandai dengan gejala nyeri sendi, dan pusing. Setelah beberapa hari, maka akan muncul bercak-bercak kemerahan pada kulit yang berukuran kecil, biasa ditemukan pertama kali pada sekitar perut, punggung, dan juga dada. Hingga akhirnya menyebar ke area wajah.

Pada umumnya penderita akan mengalami cacar air 2 hingga 3 minggu. Penyakit ini memang terbilang cukup lama penyembuhannya. Karena penyakit ini menular, maka penderita biasanya harus melalui masa karantina di rumah sekitar seminggu. Kemudian, adakah obat tradisional cacar air yang mampu mengobati dengan cara mudah dan efektif?

Meski penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya sesudah 2 sampai 3 minggu, akan tetapi untuk mencegah penyakit semakin serius maka sebaiknya pakailah obat tradisional cacar air untuk mengatasinya. Adapun obat tradisional untuk dapat mengobati cacar air, dapat kita gunakan sebagai berikut ini :

  1. Jus Buah Mengkudu

Siapa yang belum kenal buah yang rasanya cukup pahit ini? Ya, meski buah ini tak enak namun jangan ragukan khasiatnya. Mengkudu adalah jenis buah yang kaya khasiat, termasuk diantaranya untuk menyembuhkan cacar air. Caranya ialah, dengan mengambil sebanyak 30 gram buah mengkudu yang matang, cuci hingga bersih, kemudian blender sampai halus. Kemudian, minum ramuan ini secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

  1. Kacang Hijau

Bila Anda tak menyukai ramuan mengkudu karena mungkin rasanya yang pahit, maka solusi berikutnya Anda dapat memakai ramuan tradisional kacang hijau. Caranya ialah dengan merendam kacang hijau dengan menggunakan air sampai mengembang, kemudian tumbuk halus. Lalu oleskan ke bagian kulit yang terkena cacar air.

  1. Temulawak

Kita juga dapat menggunakan temulawak untuk mengobati cacar air. Caranya ialah, ambillah kira-kira 15 gram kencur, air sebanyak 600ml, dan 15 gram asam jawa. Kemudian cuci sampai bersih, dan potonglah kecil-kecil kencur tersebut. Kemudian, campurkan ketiga bahan tersebut dan rebus sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Lalu, ramuan ini dapat Anda minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Jagung Muda

Obat tradisional untuk mengatasi cacar air berikutnya ialah jagung muda. Caranya yakni cuci terlebih dahulu jagung muda. Kemudian parut, dan oleskan ke bagian kulit yang terkena cacar air. Cara pengobatan ini dapat Anda lakukan dengan rutin, dimulai dengan tahap pengobatan, penyembuhan, sampai menghilangkan bekas cacar air.

  1. Jus Buah

Jus buah selain dapat dipakai untuk menambah kandungan serat dalam tubuh, juga bisa dipakai untuk mengobati cacar air. Hal ini dikarenakan jus buah yang tak ada tambahan gula didalamnya memiliki banyak mineral dan serat yang mampu mengatasi penyakit cacar air dan juga menghilangkan rasa gatal yang terdapat pada kulit tubuh penderita cacar. Jus buah dapat anda berikan kepada penderita cacar air yang tak ingin minum air putih. Dan sebaiknya anda berikan sedikitnya 4 gelas jus buah bagi penderita cacar air agar supaya bentol cacar air dapat mengering dengan cepat.

  1. Buah Stroberi

Mengonsumsi stroberi juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan penyakit cacar air karena  stroberi termasuk buah yang kaya kandungan vitamin C. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bila cacar air terjadi akibat infeksi virus, maka berbeda dengan virus lainnya virus varicella ini tak akan mempan jika diberikan obat antibiotik karena virus ini tidak bisa hilang dengan cara suntikan antibiotik. Cara manual yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cacar air ini ialah dengan meningkatkan sistem imun yang terdapat dalam tubuh manusia. Meningkatkan sistem imun ini dapat dengan cara mengonsumsi vitamin C. Buah stroberi adalah buah yang kaya akan vitamin C. Rasa asam yang terdapat pada buah stroberi adalah tanda bahwa buah ini memiliki kandungan acid yang sarat vitamin C.

  1. Berbagai Macam Jenis Jeruk

Berbagai jenis jeruk banyak mengandung vitamin C sehingga buah jeruk juga dapat dipakai untuk menambah sistem imun pada penderita cacar sehingga penderita cacar pun dapat segera terobati. Namun sayangnya jeruk yang berasa asam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air yang memiliki maag. Salah satu jenis jeruk yang punya rasa asam yang menyengat ialah jeruk nipis, terdapat berbagai macam bahaya jeruk nipis untuk penderita maag yang tak boleh diabaikan.

  1. Buah Kiwi

Untuk anda yang sedang sakit cacar air dapat mengkonsumsi kiwi untuk dapat meningkatkan sistem imun yang terdapat dalam tubuh. Memang harga kiwi cenderung lebih mahal dibanding dengan jeruk akan tetapi apa salahnya bila anda mengkombinasikan kiwi dengan berbagai macam buah yang cukup kaya kandungan vitamin C lainnya sehingga kegiatan mengonsumsi buah kaya vitamin C akan semakin menyenangkan.

Artikel menarik lainnya:

Cara mengobati asma dengan bahan tradisional

Obat demam alami

Jenis tanaman obat lengkap dengan manfaatnya

Makanan dan buah yang mencerdaskan otak

  1. Buah Pepaya

Buah pepaya termasuk salah satu buah yang paling popular dan gampang diperoleh di Indonesia, buah pepaya boleh dibilang sebagai buah yang murah meriah. Meski murah meriah namun khasiat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan sudah tak perlu diragukan lagi karena banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh dari papaya ini. Pepaya dapat anda pakai melancarkan organ pencernaan dan menghindarkan dari sembelit. Tak cuma itu aja kandungan vitamin C yang terdapat dalam pepaya telah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Agar supaya sistem imun anda meningkat secara stabil maka sebaiknya dalam sehari anda perlu mengonsumsi minimal 200 gram pepaya agar supaya sistem imun menjadi stabil dan virus varicella pun akan segera hilang.

  1. Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Untuk dapatmeningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh tak hanya diperoleh dari jenis buah saja akan tetapi juga dapat anda peroleh dari sayuran yang memiliki kandungan vitamin C. Banyak sekali jenis sayuran yang mengandung vitamin C dengan harga murah meriah misalnya ialah sayuran kangkung, bayam, brokoli, kale, dan banyak lagi yang lainnya.

Itulah berbagai macam tanaman obat tradisional untuk mengatasi cacar air secara alami dan yang bisa anda pakai di rumah. Masing-masing cara pengobatan mungkin akan memiliki keberhasilan yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan dari penyakit cacar air tersebut, penyebaran bentol (bintil) cacar air dan juga tingkat ketelatenan dalam melakukan pengobatan memakai beragam bahan dan cara yang telah kami berikan diatas.

10 Tanaman Obat Tradisional untuk Cacar Air | Planter | 4.5