10 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Tanaman Obat Untuk Batu Ginjal – Ada Banyak solusi dalam mengobati penyakit batu ginjal. Tak cuma dengan menggunakan obat pabrikan aja yang bisa dipakai sebagai obat, akan tetapi tanaman herbal pun juga Anda manfaatkan sebagai obat alternatif untuk mengatasi batu ginjal. Bahkan, tanaman obat herbal pada dasarnya tak kalah ampuh dan mujarab dalam mengatasi penyakit dan kelebihan tanaman herbal rekatif tak memiliki efek samping yang bisa membahayakan kesehatan di kemudian hari.

Hal ini amat berbeda dengan penggunaan obat kimia pabrikan yang umumnya punya efek samping yang cukup berbahaya. Untuk dapat mengetahui tentang tanaman herbal apa aja yang manjur dan mujarab dalam mengatasi batu ginjal, yuk mari kita simak ulasannya yang berikut ini.

10 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Tanaman Obat Untuk Batu Ginjal

  1. Tanaman Kemangi

Manfaat daun kemangi umumnya tak cuma dikonsumsi dengan cara dijadikan jus dan ditambah madu agar dapat mengobati penyakit batu ginjal. Bila ramuan herbal ini dikonsumsi dengan teratur dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan, maka ramuan herbal ini dapat menghancurkan batu ginjal. Karena kandungan kemangi punya efek untuk menguatkan dan juga menyehatkan ginjal. Oleh karenanya, bila anda punya masalah dengan batu ginjal, maka tak ada salahnya untuk mencoba tanaman obat herbal yang satu ini.

 

  1. Buah Mengkudu

Buah ini memang telah dikenal punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Adapun Khasiat dari buah mengkudu yang berhubungan dengan batu ginjal ialah untuk mengobati masalah radang ginjal, dapat menurunkan tekanan darah, juga menurunkan gula darah, hingga sebagai peluruh kencing.

Tentu aja mengkudu sangat banyak khasiatnya, karena buah ini punya kandungan yang sangat banyak, diantaranya: mineral, terpenoid, morindin, asam sitrat, demnacanthal, asam malat, serotonin, acubin, alkaloid, glucose, saponin, antraquinon, antrakuinon, anti oksidan, alizarin, karbohidrat, L.asperuloside, scopoletin, vitamin C, protein, dan juga enzim.

 

  1. Kacang Merah

Kacang merah rupanya juga bisa menghancurkan batu ginjal. Meski kacang merah tak termasuk dalam jenis tanaman herbal. Selain itu pula, kacang merah juga mampu menjaga kesehatan pada saluran kemih.

 

  1. Daun Seledri

Manfaat seledri telah dikenal bisa mengobati penyakit batu ginjal. Caranya ialah dengan mengkonsumsinya setiap pagi hari sebelum makan dan minum. Dengan cara mengkonsumsi seledri setiap hari dengan teratur, maka batu ginjal yang telah terbentuk akan dapat berkurang.

 

  1. Tanaman Pegagan

Obat herbal yang cukup enak rasanya ialah pegagan. Pegangan ini memiliki rasa manis dan menyejukkan saat dimakan atau diminum. Manfaat tanaman ini dalam mengobati batu ginjal ialah sebagai peluruh kencing, pereda demam, anti infeksi, anti toksik, perbersih darah, penenang, memercepat peyembuhan pada luka, dan juga millenrian pembuluh darah tepi.

 

  1. Buah Delima

Banyak bagian dari tanaman delima bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal. Bahkan, para ahli telah mengatakan tanaman herbal terbaik ialah delima dan bagian dari tanaman delima yang mampu mengatasi penyakit ginjal ialah benih, daun, dan juga buah delima. Salah satu cara untuk mengobati batu ginjal ialah dengan memakai buah delima yakni dengan mengkonsumsi jus buah delima setiap pagi selama seminggu dalam kondisi perut kosong.

 

  1. Dandelion

Dandelion adalah salah satu bunga liar yang dapat anda gunakan sebagai obat batu ginjal. Bunga ini memiliki sifat diuretik dan juga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi. Fungsinya ialah untuk memproduksi urine, sehingga terbentuknya batu ginjal bisa dicegah.

 

  1. Tapak liman

Berbeda dengan pegagan, tanaman tapak liman punya rasa yang pahit dan juga rasa pedas. Tanaman tapak liman bersifat sebagai astrigen dan manfaat yang berhubungan dengan batu ginjal ialah sebagai zat peluruh kencing, anti radang, pereda demam, penawar racun, menghilangkan bengkak, dan juga zat antibiotik.

 

  1. Daun Keji Beling

Daun Keji beling bisa Anda temukan di daerah pedesaan dan untuk saat ini populasi tanamannya masih cukup banyak. Kandungan yang sangat lengkap akan zat dan mineralnya, menjadikan daun keji beling dapat menjadi obat pilihan masyarakat desa dalam mengobati batu ginjal. Asam karbonat yang terdapat dalam daun keji beling, yakni hasil rebusan yang bersifal alkali lemah dengan pecahan partikel menjadikan beberapa mineral seperti kalium, yang membuat daun keji beling bisa sebagai obat herbal batu ginjal dengan waktu penyembuhan yang relatif cepat. Namun, kadangkala banyak masyarakat yang kurang suka daun keji beling karena bau dari daun tersebut pada saat dikonsumsi yang kurang sedap.

 

  1. Daun Tempuyung

Daun tempuyung adalah tanaman yang memang terbilang khusus dipakai sebagai obat herbal batu ginjal. Daun ini punya kemampuan untuk melarutkan kolesterol jahat (LDL), kalsium oksalat, dan juga asam urat ginjal yang akhirnya akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Adapun cara mengonsumsi daun tempuyung ini sangat mudah, yakni, Anda cukup merebus daun tempuyung selama kurang lebih 15 menit, kemudian minumlah rebusan air tersebut. Cara ini dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Dan bila Anda rutin dalam melakukannya, maka batu ginjal akan segera hancur dengan cukup mudah.

Baca juga:

Nah sobat, itulah tadi bahasan kita kali ini tentang 10 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Batu Ginjal, semoga ulasan kita ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua, sehingga bisa digunakan oleh orang yang membutuhkan pengobatan alternatif atau obat herbal alami dalam menyembuhkan penyakit batu ginjal. Sekian, terima kasih.

10 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Batu Ginjal | Planter | 4.5