Tanaman Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Tanaman Obat Untuk Kesehatan Tulang Keropos – Tulang merupakan struktur pembentuk tubuh yang berguna untuk menyediakan struktur, melindungi organ, menahan otot dan juga untuk menyimpan mineral diantaranya seperti kalsium dan fosfor, yang dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat, dan melepaskan mereka ke dalam tubuh saat kita memerlukannya untuk keperluan lain.

Terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita mampu menjaga tulang supaya tetap sehat dan kuat. Makan makanan yang kaya akan kalsium dan juga vitamin D diketahui bisa meningkatkan kesehatan tulang kita. Kalsium mampu mendukung tulang dan struktur gigi, sedang manfaat vitamin D ialah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang kita.tanaman-obat-tradisional-untuk-menjaga-kesehatan-tulang

Akan tetapi selain dengan cara mengonsumsi makanan ataupun jenis suplemen yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat herbal yang bisa menjaga tulang & sendi agar tetap sehat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Alfalfa

tanaman-alfalfa

Alfalfa (Medicago sativa) merupakan spesies tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai makanan ternak (pakan) untuk sapi perah, kuda, domba, sapi potong, dan kambing. Alfalfa bisa mengembangkan akar yang mampu menembus 20 hingga 30 kaki ke dalam bumi.

Daun alfalfa sendiri bisa menjadi sumber yang baik dari bioavailable mineral tulang: kalsium, silika, magnesium, boron, dan seng. Alfalfa daun adalah sumber Vitamin D dan K, dan phytoestrogen.

  • Daun jelatang

daun-jelatang

Daun jelatang  merupakan sumber yang sangay baik dari kalsium dan juga magnesium, serta silika dan boron-lain mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. daun jelatang kaya akan kandungan vitamin C dan D, yang mana keduanya mampu meningkatkan penyerapan kalsium, dan vitamin K agar menjadikan tulang kita semakin kuat.

  • Jerami oat

jerami-oat

Jerami oat adalah mineral rumput yang kaya kandungan baik dan seringkali ditemukan dalam formulasi herbal untuk dapat menyembuhkan patah yang tulang. Hal ini juga dipakai untuk menenangkan kecemasan, dan juga untuk meningkatkan kesuburan.

  • Red Clover

tanaman-red-clover

Seperti alfalfa, semanggi merah juga termasuk sumber yang sangat baik dari mineral dan fitoestrogen yang cukup berharga untuk wanita dan menjaga dari keropos tulang. Dalam sebuah penelitian oleh American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti mengemukakan bahwa wanita yang memakai isoflavon semanggi merah akan memiliki tulang belakang yang secara signifikan lebih lambat dibanding dengan wanita kelompok plasebo.

  • Jahe

tanaman-jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang paling kuno dalam masakan Indonesia dan di dunia. Tanaman Jahe sudah dikenal karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya yakni mampu untuk meningkatkan kesehatan tulang, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menambah nafsu makan, mencegah terjadinya berbagai jenis kanker, memperbaiki kondisi organ pernapasan, menghilangkan gejala arthritis, membantu kesehatan pencernaan, meningkatkan aktivitas seksual, meredakan sakit pinggang, mengurangi kelebihan gas, dan juga mampu meredakan nyeri yang berhubungan dengan gangguan menstruasi, mual, dan juga flu.

  • Ekor kuda ( horsetail plant )

tanaman-ekor-kuda

Ekor kuda ialah sumber tanaman terkaya silika, mineral yang diperlukan untuk menguatkan kuku, rambut, dan juga tulang yang seringkali kurang dalam diet modern. Ekor kuda sudah dipakai dalam masalah tulang dan kekuatan untuk regenerasi. Sebuah penelitian di negeri Italia mengungkap bahwa wanita dengan osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan tulang mereka sesudah menggunakan ekstrak ekor kuda selama 1 tahun lamanya.

Karena ekor kuda ini memiliki kandungan sejumlah besar nikotin, tak dianjurkan untuk anak-anak ataupun wanita hamil. Sumber silika lainnya termasuk diantaranya almond, rami dan juga biji bunga matahari, pisang, biji-bijian, dan asparagus.

  • Teh hijau

teh-hijau

Teh hijau secara luas telah diakui sebagai sumber yang amat baik dari antioksidan kuat yang dikenal dengan catechin, menurut Harvard Health Publications. Sejumlah studi mengemukakan bahwa teh hijau mampu mengurangi resiko beberapa jenis kanker, termasuk kulit, esophagus, payudara, usus besar, paru-paru, dan juga kandung kemih. Teh hijau sudah terbukti menguatkan tulang dan meningkatkan massa tulang.

Dewasa ini telah hadir berbagai produk herbal berkualitas yang secara khusus diformulasikan untuk dapat meningkatkan kesehatan tulang dan juga sendi. Diciptakan dari paduan bahan bahan alami yang sudah dipakai selama ratusan tahun, berkhasiat khusus yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan juga memperbaiki cedera tulang rawan, mengurangi rasa sakit dan juga untuk meningkatkan fungsi gerakan sendi.

Artikel menarik lainnya:

  1. Tanaman obat asam urat dan rematik
  2. Obat flu dan batuk dengan bawang putih dan madu
  3. Tanaman obat untuk menjaga stamina pria
  4. 13 Obat sakit pinggang dari bahan alami

 

Tanaman Herbal Terkini Untuk Keropos Tulang

Terjadinya Pengeroposan tulang disebabkan oleh kurangnya zat pembangun tulang, seperti diantaranya kalsium, vitamin D, atau kekurangan hormon estrogen bagi wanita. Selain itu pula, pengeroposan tulang juga cukup erat kaitannya dengan jenis penyakit tertentu, seperti rematik dan lainnya. Gejala yang muncul umumnya tulang berasa sakit bila melakukan gerakan berlebih, atau saat berdiri lutut akan berasa sakit dan juga nyeri.

Tanaman Obat Tradisional berkhasiat yang saat ini banyak di anjurkan untuk dikomsumsi salah satunya ialah kacang panjang. Adapun kandungan dalam setiap 100 gram kacang panjang rebus, mengandung serat sebesar 4 gr atau dapat memenuhi 15% kebutuhan serat harian. Serat yang terkandung dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang tak lain adalah jenis serat yang larut, sehingga amat berguna dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan resep racikan herbal yang dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit keropos tulang (osteoporosis).

Bahan-bahan

  • 100 gr kacang panjang
  • 100 gr teri tawar kering.
  • 100 gr takokak.
  • 100 gr tempe.

Cara Pembuatan

  1. Bersihkanlah dahulu semua bahan
  2. Buat menu masakan sesuai selera Anda dengan memakai bahan-bahan tersebut.
  3. Angkat masakan saat sudah mencapai setengah matang, kemudian konsumsi hingga habis.
  4. Sajikan ramuan tersebut dalam piring dan komsumsi dengan teratur sampai penyakit keropos tulang yang Anda derita dapat berangsur-angsur sembuh.

Nah sobat sehat, demikianlah bahasan kita kali ini tentang Tanaman Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan Tulang serta tips tanaman herbal untuk mengatasi dan menjaga dari tulang keropos. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa share artikel kami jika dirasa bermanfaat bagi rekan-rekan anda. Terima kasih.

Tanaman Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan Tulang | Planter | 4.5