Tanaman Obat untuk mengatasi Maag dan Radang Lambung

advertisement

Tanaman Obat untuk mengatasi Maag dan Radang Lambung – Penyakit maag atau tukak lambung memang terlihat remeh, namun seringkali merepotkan. Cepat sembuhnya namun gampang pula kambuhnya. Munculnya gejala ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada perut dikarenakan meningkatnya asam lambung. Dan ternyata cincau mampu menuntaskannya

Beberapa tanaman, sudah biasa dipakai masyarakat untuk mengatasi sakit maag ini. Di antaranya ialah :- Cincau, Daun cincau memiliki bahan kimia yakni senyawa aktif Premnazole dan Phenyl butazone yang dapat menurunkan aktivitas enzim yang secara tak langsung asam lambung yang terbentuk pada cardia pada dinding lambung juga akan menurun.
Tanaman Obat untuk mengatasi Maag dan Radang Lambung
– Madu organik, Ambillah 1-2 sendok teh mentah madu organik. Madu organik dapat meredakan ketidaknyamanan, menenangkan dan cepat mengatasi sakit maag yang menyakitkan. Pada madu organik juga mengandung kalium tinggi, madu dapat membantu menyehatkan pencernaan dan membentuk lapisan alkali dalam perut. Campurlah madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman yang bisa mengurangi gejala refluks asam lambung.

– Apel Merah, mengkonsumsi sepotong apel sangat baik ketika anda mengalami gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Apel, khususnya jenis apel merah dan manis, bisa membantu untuk membuat lapisan basa dalam perut, juga mengurangi kecenderungan asam untuk naik kembali ke kerongkongan. Apel juga bagus dikonsumsi sebelum tidur untuk mencegah dan mengatasi asam lambung pada malam hari.

Perlu anda ketahui pula, Berikut ramuan untuk mengobati radang lambung

–  30 gr temulawak segar + 10 gr kulit jeruk mandarin kering ditambah 5 butir kapu laga direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu airnya disaring dan diminum selagi hangat.

– 75 gr daun lida buaya dikupas kulitnya tambahkan 10 gr adas dan 5 butir bunga lawang, rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring airnya dan tambahkan 1 sdm madu, minumlah selagi hangat.

– 25 gr kunyit segar ditambah 20 gr kencur dan 5 butir cengkeh, rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu saring airnya, minumlah selagi hangat.

– 3 batang sereh ditambah 15 butir ketumbar dan lengkuas, rebus bersama 500 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu saring airnya, minumlah selagi hangat.

Note:
Anda bisa memakai salah satu cara tradisional tersebut. Lakukan dengan teratur 2 kali sehari. Dalam teknik perebusan, pakailah panci enamel atau periuk tanah.

disarikan dari berbagai sumber

Tanaman Obat untuk mengatasi Maag dan Radang Lambung | Planter | 4.5