12 Tanaman Obat Untuk Atasi Rambut Rontok

Saturday, November 19th, 2016 - Tanaman Obat

Tanaman Obat Untuk Rambut Rontok – Obat penumbuh rambut pasti sangat diperlukan bagi Anda yang sedang mengalami rambut rontok alias rambut botak. Para wanita sering mengalami masalah kerontokan rambut yang diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu dikarenakan adanya tekanan dan stress.

Sedangkan kaum pria juga tak jarang mengalami rambut botak, faktor ini akan membuat mereka jadi tak percaya diri. Tak sedikit wanita dan pria yang mencari cara untuk mengatasi kerontokan dan juga menumbuhkan kembali rambutnya yang mulai rontok tersebut.

Terbukti tak sedikit beredar di pasaran obat penumbuh rambut yang menjamin dapat mengembalikan kesehatan / kesuburan rambut yang rontok, tapi tak sedikit obat ini memiliki efek samping tertentu bagi kesehatan si pengguna.

Sekarang Anda dapat memakai obat penumbuh rambut alamiah yang bersumber dari tanaman obat tradisional. Karena umumnya Obat penumbuh rambut yang diramu dari tanaman obat pastinya tak mempunyai efek samping; meskipun ada, tapi tak akan sebahaya produk penumbuh rambut berbahan kimiawi.

Dalam postingan hari ini kita bakal mengulas tentang berbagai tanaman obat yang dapat Anda pakai untuk menyembuhkan & mengatasi rambut yang rontok serta mengembalikan rambut pada kepala yang botak. Anda tak perlu khawatir dalam memakai ramuan obat penumbuh rambut dari tanaman obat tradisional ini.

Tanaman Obat Untuk Rambut Rontok

Tanaman Obat Untuk Rambut Rontok

Tanaman Obat Untuk Rambut Rontok

Berikut ini tanaman obat penumbuh rambut yang dapat Anda coba untuk digunakan,

  1. Bawang Merah

Bawang merah termasuk bagian dari bumbu dapur yang seringkali dipakai di setiap jenis masakan nusantara. Tak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga berguna sebagai obat penumbuh rambut yang rontok ataupun kebotakan alamiah dan pastinya aman dipakai.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, siapkanlah beberapa butir bawang merah lalu haluskan. Kemudian oleskan dibagian rambut dan kulit kepala dengan cara meratakan, lalu biarkan selama beberapa saat hingga meresap sempurna.

Bilas dan bersihkan rambut Anda dengan memakai shampoo supaya aroma bawangnya hilang. Lakukan cara ini dengan teratur selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  1. Daun Seledri

Daun seledri tak cuma bermanfaat untuk bumbu masakan dapur saja, rupanya daun seledri juga dapat Anda pakai untuk menanggulangi / mengatasi rambut yang rontok serta botak. Adapun cara memakainya cukup mudah, pakailah 10 batang seledri lalu cuci hingga bersih serta potong-potong.

Seusai daun seledri di potong-potong, masukkan ke dalam blender serta campurkan dengan telur. Campuran bahan daun seledri dan telur, selanjutnya Anda oleskan pada bagian rambut dan juga kulit kepala dengan merata sembari memijat dengan lembut.

Diamkan selama 30 menit, kemudian cuci bersih dengan cara berkeramas memakai shampoo. Lakukan hal ini dengan teratur 2-3 kali dalam seminggu hingga akhirnya rambut Anda tumbuh kembali.

  1. Daun Bayam

Sayuran bayam banyak mengandung protein, kalium, lemak, fosfor, logam vitamin A, B1 serta C. Sayur bayam bisa dipakai sebagai solusi untuk menanggulangi rambut rontok.

Caranya, Ambil segenggam sayur bayam, kemudian cuci hingga bersih dan digiling/diblender halus. Tambahkan setengah gelas air matang dan satu sendok makan madu. Lalu diperas dan disaring, ambillah air hasil perasannya. Kemudian minum air perasannya setengah cangkir 3 kali dalam sehari.

  1. Lidah Buaya

Tanaman ini sudah terbukti terkenal sebagai jenis tanaman penyubur rambut. Ya, Anda bisa memakai lidah buaya sebagai obat alamiah penumbuh rambut yang rontok.

Caranya, siapkan daun lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya, lalu gosokkan dengan merata dibagian rambut dan kulit kepala. Kemudian gunakan handuk untuk membungkus rambut Anda dan biarkanlah selama semalaman.

Di pagi harinya seusai bangun tidur, bersihkan rambut kepala Anda dengan berkeramas memakai shampoo. Lakukan terapi ini dengan teratur setidaknya 1 kali dalam seminggu.

  1. Nyamplung

Tanaman nyamplung dapat tumbuh di pinggir sungai ataupun di pantai hingga mencapai ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Tanaman Nyamplung memiliki buah berbentuk bulat seperti kelereng serta bertempurung keras. Biji buah nyamplung bentuknya keras, bulat, tebal dan berwarna cokelat.

Biji tanaman nyamplung bisa kita ambil minyaknya untuk menyembuhkan/mengatasi rambut kepala yang rontok. Caranya mudah, ambillah segenggam biji nyamplung, pecahkan dari kulit kerasnya lalu letakkan pada kain yang bersih. Jemur sehari penuh hingga keluar minyaknya.

  1. Kelapa Hijau

Kelapa hijau biasanya tumbuh di tepian pantai, di area persawahan dan banyak pula yang menanam kelapa sebagai tanaman hias di halaman rumahnya. Air kelapa hijau ini ternyata mempunyai kandungan fruktosa, sukrosa, glukosa, sakarosa, asam amino dan jenis mineral lainnya.

Kelapa hijau termasuk tanaman alamiah yang ampuh untuk menanggulangi masalah rambut rontok. Caranya, ambil satu buah kelapa hijau, pangkas bagian atas dan bawahnya, lalu buat celah di salah satu bagiannya. Masukkan satu sendok teh garam dapur ke dalamnya kemudian simpan diluar rumah semalaman agar supaya mengembun.

Pakailah air kelapa tersebut untuk membilas kulit kepala yang rontok atau botak sambil pijatlah secara halus. Lakukan metode ini setiap sore hari seusai mandi, lalu bungkus kepala dengan handuk hingga pagi hari.

  1. Daun Kacang Panjang

Daun kacang panjang mengandung zat besi, kalsium, protein, fosfor, magnesium, belerang, vitamin B1, B2 serta C. Daun kacang panjang juga sangat bermanfaat untuk menanggulangi masalah rambut yang rontok dan kepala yang botak.

Siapkanlah satu genggam daun kacang panjang, cuci hingga bersih dan giling halus. Campurkan dengan 2 sendok makan minyak kastor lalu diremas-remas. Hasil perasannya dapat Anda gosokkan dengan merata pada bagian kulit kepala yang rontok. Sebaiknya lakukan sore hari seusai mandi, kemudian bungkus kepala Anda dengan handuk hingga pagi hari.

  1. Daun Teh

Daun teh banyak sekali kandungan zat samak dan juga bisa Anda pakai sebagai obat penumbuh rambut. Cara membuat ramuannya cukup mudah, siapkanlah satu mangkok air teh kental. Pukul 22.00 letakkan mangkok tersebut di luar rumah supaya terkena embun pagi.

Pada pagi harinya Anda bisa menggunakan semangkok air teh tadi dengan cara membasuhkannya ke rambut kepala yang rontok sambil dipijat-pijat dengan perlahan. Dan selanjutnya bungkus kepala Anda dengan menggunakan handuk hingga pagi hari.

  1. Daun Mangkokan

Tanaman mangkokan biasanya tumbuh secara liar di tepian sungai yang berudara panas. Tanaman ini umum dipakai sebagai tanaman pagar hidup sebab tingginya dapat mencapai 3 meter. Daun mangkokan banyak mengandung kalsium, fosfor, protein, vitamin A, B1 serta C yang bermanfaat pula untuk menanggulangi masalah kerontokan rambut.

Siapkanlah segenggam daun mangkokan lalu cuci hingga bersih dan tumbuk halus. Campurkan dengan 2 gelas air matang lalu diperas. Air hasil perasannya Anda gosokkan ke bagian kulit kepala yang rontok sambil dipijat-pijat perlahan.

Tanaman Obat lainnya:

Tanaman obat untuk penyakit stroke

Tanaman obat untuk bersih darah

Cara basmi kutu rambut dengan minyak zaitun

Bahan alami untuk bersihkan darah kotor

  1. Klerak

Tanaman klerak atau nama latinnya Sapindus rarak, biasanya tumbuh di hutan belantara. Batangnya besar dan tingginya mencapai 40 meter. Biji tanaman klerek bermanfaat untuk menanggulangi masalah rambut kepala yang rontok.

Caranya, Siapkan 12 buah biji tanaman klerek, rendamlah dengan memakai air panas. Biarkan selama beberapa saat hingga airnya dingin. Air rendamannya bisa digunakan untuk membasahai kulit kepala.

  1. Daun Urang Aring

Daun urang aring banyak tumbuh liar di tepian sungai dan ladang. Belum banyak orang yang menanam daun urang aring sebagai tanaman obat karena tanaman ini dianggap sebagai jenis rerumputan, dan tingginya bisa mencapai 60 cm.

Daun urang aring cukup terkenal juga sebagai obat penumbuh rambut. Cara membuat ramuannya juga cukup mudah. Siapkan segenggam daun urang aring dan cucilah hingga bersih kemudian digiling halus. Campurkan dengan 2 gelas air matang dan diremas-remas.

Air hasil saringannya disimpan diluar rumah selama semalaman dan gunakan pada sore hari setelah habis mandi. Basahilah rambut Anda dengan air ramuan urang aring tersebut sambil memijatnya dengan lembut.

  1. Batang Pisang

Siapa yang tak kenal pisang? Buah yang satu ini pasti sudah terkenal dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri setidaknya ada 75 jenis pisang, dan yang paling terkenal yakni jenis pisang ambon.

Tanaman pisang bisa dimanfaatkan pula untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, siapkan umbi batang pisang, potonglah merata dan cuci sampai bersih. Lubangi umbi batang tersebut kira-kira 18 cm dan biarkan air umbinya mengumpul.

Air umbi tersebut Anda basuhkann ke bagian kulit kepala yang botak atau rontok, bungkuslahh dengan handuk dan biarkan sampaii pagi hari.

Itulah beberapa jenis tanaman obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok atau kebotakan. Pilihlah jenis tanaman obat yang paling tepat dan mudah untuk anda gunakan, jika belum mengerti silahkan konsultasikan kembali pada ahli tanaman obat dan pengobatan alternative agar penggunaanya semakin maksimal dan mujarab.

12 Tanaman Obat Untuk Atasi Rambut Rontok | Planter | 4.5