Tanaman Obat Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

advertisement

Tanaman obat untuk sakit pinggang – Pada artikel kita telah membahas tentang ramuan alami untuk mengobati paru paru basah, maka kali ini kita beralih dengan penyakit lainnya yakni sakit pinggang atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan low back pain ataupun lumbago.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Gangguan pada tulang belakang, ligamen, otot, tendon dan juga syaraf, hernia diskus, keganasan, arthritis, infeksi di sekitar tulang belakang, adanya penyakit di rongga panggul, perut, dan juga kelainan bawaan pada tulang belakang bisa jadi penyebab nyeri pada pinggang.

Tanaman Obat Sakit Pinggang Tradisional

Berikut ini kami akan membahas tentang beberapa ramuan tradisional yang dapat dipakai sebagai obat sakit pinggang untuk Anda.

Tanaman Obat Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Daun Dewa
Daun dewa memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, dan juga minyak atsiri. Caranya ialah: siapkan 30 gram daun dewa yang segar, 30 gram temu lawak yang segar, 25 gram daun baru china yang segar. rebuslah dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, saring airnya, kemudian diminum selagi hangat. Lakukan dengan teratur.

Jahe Merah
Adapun kandungan senyawa kimia dari jahe merah ini terdiri dari zingeron, gingerol, dan shogaol. Caranya ialah: siapkan 25 gram temu hitam, 30 gram akar sawi langit, 25 gram jahe merah, 30 gram daun dewa. rebuslah dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, kemudian airnya disaring, minum selagi hangat. Lakukan cara ini dengan teratur.

Buah Takokak

Buah takokak mirip dengan leunca ternyata sangat berkhasiat dalam mengobati sakit pinggang. Caranya ialah: siapkan 30 gram rambut jagung, 100 gram buah takokak, 10 gram adas, 20 gram jahe merah segar. rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, kemudian saring airnya, kemudian minum selagi hangat. Lakukan dengan teratur.

Angco
Buah angco telah dikenal sebagai kurma tiongkok ataupun kurma cina. Caranya ialah: siapkan bahan : 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar, 25 gram jahe merah segar. 10 butir angco. rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring airnya, lalu diminum selagi hangat. Lakukan dengan teratur.

Bawang Putih
Selain dapat dipakai untuk menyuburkan rambut dan juga menghilangkan jerawat, bawang putih juga berkhasiat untuk meredakan nyeri, termasuk diantaranya ialah nyeri pinggang. Caranya: siapkan bahan; 150 gram bawang putih, 120 gram jahe merah, bubuk cabai secukupnya rendam dengan alkohol 75% jumlah secukupnya selama 14 hari. kemudian air rendaman tadi dioleskan pada bagian pinggang yang sakit. Lakukan cara ini dengan teratur.

Cabe Rawit
Cabai rawit (buanglah tangkainya) ditambah dengan irisan jahe masing-masing secukupnya, rendam dengan menggunakan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Kemudian air rendaman tadi dioleskan ke bagian pinggang yang terasa sakit. Lakukan dengan teratur.

Kumis Kucing
Sama dengan diatas, kumis kucing juga bisa digunakan sebagai obat tradisional sakit pinggang yang tak kalah ampuh. Oleh karenanya, lengkapi tanaman obat keluarga anda dengan tanaman ini.

Akar Ilalang
Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa ilalang cuma sekedar tanaman pengganggu yang tak berguna. Akan tetapi, jangan anggap remeh tanaman ini. Untuk pengobatan sakit pinggang, akar ilalang dapat dimanfaatkan. Caranya ialah cukup dengan mengambil akar ilalang secukupnya kemudian rebus hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan akar ilalang tersebut dengan takaran 2 kali sehari.

Daun Beluntas
Daun Tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar dipekarangan rumah ini diketahui dapat dipakai untuk mengobati sakit pinggang. Caranya ialah dengan menjadikan daun beluntas muda sebagai lalapan ataupun dengan merebus akar dan daunya lalu diminum air ramuan tadi dengan teratur.

Artikel menarik lainnya:

Daun Bakung
Berbeda dengan tumbuhan ilalang dan kumis kucing yang termasuk obat sakit pinggang alami dari dalam, daun bakung merupakan obat sakit pinggang untuk pemakaian dari luar. Caranya ialah, ambillah beberapa lembar daun bakung kemudian dipanggang hingga sedikit layu. Kemudian itu olesilah daun bakung tadi dengan memakai minyak kelapa. Bila sudah merata, tinggal anda tempelkan ke bagian pinggang yang terasa sakit.

Sekian tips pengobatan kali ini tentang Tanaman Obat Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Pinggang, semoga artikel sederhana ini dapat menambah wawasan anda tentang dunia pengobatan herbal alternatif yang tentunya lebih aman efek samping dan lebih murah. Semoga bermanfaat.

Tanaman Obat Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Pinggang | Planter | 4.5