Warna sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan

Wednesday, July 8th, 2015 - Buah, Sayur

Warna sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan – Pada Umumnya, kita merasa malas mengkonsumsi buah, apalagi sayur-mayur. Jika buah atau sayuran itu kebetulan adalah kesenangan kita sih tidak masalah.

Daripada selalu terpaksa makan buah dan sayuran, maka sebaiknya mari kenali manfaatnya lewat warna. Karena kata orang tak kenal maka tak sayang.

Warna sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan

Merah
Banyak jenis buah yang berwarna merah, diantaranya semangka, tomat, stroberi, atau jambu biji merah. Warna merah pada jenis buah ini mengandung zat yang bernama antosianin dan likopen. Antosianin bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi dan kanker kandung kemih, sedang untuk likopen dapat menghambat fungsi kemunduran fisik dan juga mental supaya kita tak mudah pikun. Selain itu pula, likopen juga mampu mencegah  berbagai macam penyakit kanker. Sementara untuk sayuran berwarna merah contohnya kol merah, terung, dan bayam merah. Pigmen pada sayuran ini mengandung zat flavonoid yang fungsinya sebagai antikanker. Kol merah bila disantap mentah rupanya mengandung senyawa fitokimia dan juga vitamin C 2 kali lipat dibanding kol putih.Warna sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan

Jingga
Buah Melon jingga, pepaya, buah jeruk berwarna jingga serta semua buah yang punya daging buah warna jingga mengandung betakaroten. Fungsi dari betakaroten untuk menghambat proses penuaan sel. Sel-sel dalam tubuh semakin lama akan semakin tua, dan bila telah telanjur tua, maka tugas betakaroten untuk meremajakan kembali. Selain itu pula, sebagian betakaroten yang terdapat dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A yang dapat memacu sistim kekebalan tubuh, yang akan membuat tubuh jadi tak mudah terkena penyakit. Sedang untuk beberapa jenis sayuran berwarna jingga, diantaranya ubi jalar merah, wortel dan labu kuning. 3 sayuran tersebut sangat kaya betakaroten. Selain itu pula, wortel juga sangat kaya kalsium pektat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Buah dan sayuran warna jingga banyak kandungan vitamin A, yang amat dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Kuning
Buah dengan warna kuning ialah belimbing, pisang, nanas, dan lainnya. Buah ini kaya kandungan kalium. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa kalium sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan juga jantung koroner. Jika Anda menyukai nanas, apalagi dijus, selain karena rasanya segar, rupanya juga dapat membantu mengatasi diare dan dapat mempercepat penyembuhan radang. Jenis sayuran warna kuning diketahui ampuh dalam memerangi katarak, stroke dan serangan jantung. Contoh dari sayuran kuning diantaranya paprika dan jagung muda. Baca pula: Manfaat belimbing wuluh untuk obat darah tinggi

Hijau
Beberapa diantaranya seperti alpukat, anggur hijau, melon. Jenis Buah ini banyak mengandung asam alegat, yang ampuh dalam melawan bibit sel kanker jenis apa saja. Asam alegat dapat membantu untuk menormalkan tekanan darah dikarenakan buah berwarna hijau juga banyak mengandung kalium. Kebanyakan sayuran warnanya memang hijau, caisim, bayam, dan daun singkong, merupakan contoh sayuran yang mengandung vitamin C dan juga B Kompleks. Selain itu pula besar kandungan zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, betakarotin, dan juga, serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau ialah akan menyebabkan kulit kasar dan bersisik.

Putih
Buah berwarna putih diantaranya sirsak, duku, leci dan kelengkeng. Kandungan serat dan juga vitamin C dalam buah warna putih cukup tinggi. Memang tak begitu banyak kandungan antioksidan, namun serat juga amat dibutuhkan dalam tubuh. Manfaat langsung serat yakni dapat membuat nyaman pada saat buang air besar. Sayuran warna putih diantaranya taoge, kol, sawi putih, kembang kol, rebung, dan jamur. Untuk Taoge sebaiknya dikonsumsi mentah, atau setengah matang, supaya vitamin E dan C yang dimiliki tak hilang. Sedangkan untuk jamur, kembang kol, dan kol, sarat senyawa antikanker.

Beberapa hal penting yang perlu anda ketahui:

  1. Kurangilah jenis makanan yang mengandung tambahan kimia sintetis diantaranya seperti baking soda, pewarna, besoat, dan esen. Karena bahan-bahan ini adalah sumber radikal bebas yang akan merangsang jaringan jadi hiperaktif dan bisa memicu timbulnya kanker. Penyedap makanan juga memakai bahan-bahan kimia sintetis.
  2. Sayuran berwarna hijau sebaiknya disajikan setiap hari dalam jumlah paling besar, dengan memakai kombinasi sayuran warna jingga dan juga kuning, warna merah-ungu dan juga putih sebagai pelengkapnya.Jadi untuk anda yang ingin tetap sehat dan bugar, jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari supaya kita terhindar dari berbagai penyakit.
Warna sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan | Planter | 4.5