Waspada, Kebanyakan Selfie Bisa Picu Sakit Jiwa

TanamanObat.net – Sudah bukan menjadi hal baru, bila setiap saat banyak orang yang mengambil foto dirinya atau dikenal dengan “selfie” setiap sekian jam atau bahkan setiap sekian menit sekali. Tujuannya tak lain untuk mengabadikan momen-momen terbaik mereka. Generasi muda masa kini sudah banyak mengenal smartphone yang telah dilengkapi dengan fasilitas kamera yang super canggih, bahkan dilengkapi pula dengan berbagai aplikasi editing foto untuk mendukung trend selfie ini.

Waspada, Kebanyakan Selfie Bisa Picu Sakit Jiwa

Namun tahukah anda, dari kebiasaan selfie, sebenarnya terdapat hal yang perlu dikhawatirkan, yakni mengenai kesehatan mental atau kejiwaan mereka yang sedang ketagihan selfie. Sebuah sumber menyebutkan, pekerja dan psikiater kesehatan mental lainnya menghubungkan jenis kebiasaan ini dengan penyakit mental narsisme serta obsesi seseorang tentang penampilan mereka.

Seorang psikiater bernama Dr. David Veal mengungkapkan bahwa 2 dari 3 pasien yang datang padanya mengeluhkan tentang Body Dysmorphic Disorder yang membuat mereka bersikeras untuk melakukan selfie berkali-kali semenjak munculnya trend selfie ini di media sosial. Ia berkata bahwa ia melihat kebiasaan ini pada rekan-rekannya yang suka berkali-kali melakukan selfie untuk mendapat angle (sudut pandang) yang bagus dan sangat cocok dengan detail kulit mereka, garis alis, mata, gigi, pipi, rambut dan lainnya agar terlihat sempurna.

Meskipun memang trend serta kebiasaan ini tidak membahayakan, tapi secara bertahap dan dalam jangka waktu yang lama dapat membangun kesadaran diri dan juga kepercayaan diri berlebihan yang terbilang palsu. Dan bukannya menerima apa adanya keadaan tubuh Anda, Anda malah membuat sebuah gambaran “palsu” diri Anda hanya untuk memuaskan diri. Bahkan sampai ada orang yang menjadi tak produktif karena menghabiskan waktunya hanya untuk mendapatkan foto terbaik saat melakukan selfie hingga kehilangan banyak hal.

So, sebelum lebih jauh kecanduan selfie dan malah menjerumuskan Anda pada penyakit mental, maka sebaiknya mulailah mencintai diri sendiri terlebih dahulu dan pasanglah foto Anda apa adanya. Yuk mari kita kerjakan hal yang lebih produktif agar hidup kita bermanfaat baik bagi diri maupun orang lain.

Waspada, Kebanyakan Selfie Bisa Picu Sakit Jiwa | Planter | 4.5