Waspada, Konsumsi Makanan ini Setiap Hari Bisa Sebabkan Kanker

Thursday, February 4th, 2016 - Kesehatan

Makanan Penyebab Kanker – Sudah tahukah anda kalau tanggal 4 Februari ini diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia? Pada dasarnya setiap orang berpotensi terkena penyakit kanker. Tinggal bagaimana seseorang itu menjaga pola makan dan gaya hidupnya sehari-hari.

Agar supaya lebih waspada dan dapat terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya hindarilah sejumlah makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab kanker. Dilansir dari sebuah sumber kesehatan, bahwa terdapat sejumlah makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari yang rupanya dapat menyebabkan kanker. Mungkin Anda juga sering mengkonsumsinya dan sangat menyukai makanan dan minuman ini. Apa saja itu? Yuk kita simak yang berikut ini.Waspada, Konsumsi Makanan ini Setiap Hari Bisa Sebabkan Kanker

Jenis-jenis makanan penyebab Kanker

·         Soda

Soda telah dikenal sebagai sumber nol kalori penyebab obesitas. Selain itu juga, soda rupanya memiliki komposisi penyebab kanker. Minum soda setiap hari akan menyebabkan inflamasi, resistansi insulin, dan juga penyakit refluks gastroesofagus. Pewarna makanan buatan dan juga zat kimia Derivative 4-Methylimidazole (4-MI) juga dapat menyebabkan kanker menurut beberapa penelitian. Baca juga, 5 Makanan yang membuat anda tak mudah lapar

·         Daging Olahan

Apa aja contoh daging olahan ini? Beberapa diantaranya ialah sosis, hot dogs, dan ham. Journal of BMC Medicine mengemukakan bahwa kandungan bahan kimia dan pengawet yang terdapat dalam daging olahan dapat mengganggu kesehatan kita. Bahan pengawet umumnya dipakai untuk membuat daging agar tetap segar dan menjadikan rasanya tetap terjaga, cuma ada sebuah kandungan karsinogenik yang terdapat di dalamnya yang bisa menjadi penyebab kanker.

·         Keripik Kentang

Keripik kentang memang terasa gurih dan lezat sih. Namun sebaiknya tak dikonsumsi berlebihan atau konsumsi setiap hari. Selain banyak mengandung sodium, keripik kentang juga memiliki kandungan lemak trans penyebab obesitas. Belum lagi dengan jenis tambahan perasa buatan, pengawet dan pewarna buatan. Pada saat proses pengolahan pun, keripik akan melewati proses dimasak dengan suhu yang cukup tinggi untuk memberikan sensasi krispi. Namun efek sampingnya dari proses ini terbentuklah Acrylamide, karsinogen yang juga bisa ditemukan pada rokok. Baca juga, 4 makanan dan minuman untuk atasi darah rendah.

·         Buah-Buahan Non-Organik

Jenis buah-buahan memang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun untuk jenis buah-buahan non-organik biasanya ditanam dengan metode yang tak alami, dengan memakai pestisida berlebih dan pupuk yang mengandung nitrogen cukup tinggi. Jika dikonsumsi tanpa dicuci atau dibersihkan secara benar, bahan-bahan berbahaya ini bisa saja akan ikut termakan dan masuk kedalam tubuh.

·         Pemanis Buatan

Jenis pemanis buatan justru akan menjadikan tubuh kita sulit menjaga kestabilan gula darah. Pemanis buatan pada umumnya mengandung zat Aspartame yang dapat memecah jadi racun mematikan yang dikenal dengan DKP yang membuat bahan zat yang menjadi penyebab kanker. Baca juga, 5 Tips cepat kurus sehabis makan malam.

Maka dari itu, atur dan lebih selektif dalam memilih jenis makanan untuk dikonsumsi adalah langkah awal pencegahan yang baik dan perlu dilakukan untuk mencegah kanker. Mungkin akan terasa tidak mudah dan memerlukan usaha. Namun demi kesehatan dan kebaikan diri kita, maka perlu dan memang sudah seharusnya untuk mengatur pola makan dan gaya hidup kita dengan lebih baik.

Waspada, Konsumsi Makanan ini Setiap Hari Bisa Sebabkan Kanker | Planter | 4.5