Waspada Osteoporosis, Kenali Tandanya Sejak Dini

Waspada Osteoporosis – Osteoporosis adalah penyakit yang seringkali dialami oleh para wanita karena terdapat gangguan yang diakibatkan karena kurangnya produksi hormon estrogen yang ada dalam tubuh. Osteoporosis adalah salah satu penyakit tulang yang cukup membahayakan karena tidak terdapat gejala secara spesifik. Untuk dapat mendeteksi osteporosis secara cukup mendetail, Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan tes CT, densitometri, dan juga tes laboratorium.

Meskipun informasi mendetail tentang osteoporosis cuma dapat Anda peroleh melalui tes ini, akan tetapi Anda dapat mengira-ngira penyakit ini dengan timbulnya tanda-tanda yang seringkali dimunculkan oleh tubuh. Sebuah sumber kesehatan menyebutkan, osteoporosis umumnya ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada tulang, yang kemudian terjadi dengan terus menerus.Waspada Osteoporosis, Kenali Tandanya Sejak Dini

Waspada Osteoporosis, Kenali Tandanya Sejak Dini

Sering pula, tanda osteoporosis ini tak disadari oleh sebagian besar penderitanya karena hanya dianggap sebagai rasa ngilu tulang biasa. Selain nyeri pada bagian tulang, terdapat beberapa tanda lain dari osteoporosis yang harus Anda waspadai, mari kita simak bersama ya.

  • Patah Tulang Tungkai. Penderita osteoporosis secara umum akan mengalami patahnya tulang tungkai. Tulang tungkai dari bagian dalam dan luar. Penderita osteoporosis biasanya akan mengalami patah tulang pada bagian luar.
  • Pertumbuhan Terhambat. Bila Anda mengira bahwa osteoporosis cuma akan terjadi pada saat kita memasuki usia lanjut, maka anggapan tersebut adalah salah. Karena, osteoporosis saat ini bisa menyerang kita yang masih berusia 20 tahunan. Bila osteoporosis menyerang pada usia 20 tahunan, maka penderita osteoporosis akan mengalami pertumbuhan yang terbilang terhambat, tinggi badan yang tak optimal dan imunitas tubuh juga akan menurun.
  • Mengalami Kram Otot. Salah satu tanda osteoporosis yang cukup sering timbul pada penderita berusia lanjut ialah kram otot. Selain kram otot, para penderita osteoporosis juga akan mengalami gangguan tidur dan tubuh sering mengalami rasa pegal-pegal.
  • Sakit Pinggang. Selain akan mengalami kram otot, penderita osteoporosis juga sering mengalami sakit pinggang.

Nah, itulah tadi beberapa tanda osteoporosis yang harus Anda waspadai. Selain dengan mewaspadai beberapa gejalanya, Anda juga perlu untuk meningkatkan konsumsi kalsium dan juga vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan untuk meminimalisir risiko terjadinya osteoporosis. Sekian artikel kami kali ini tentang Waspada Osteoporosis, Kenali Tandanya Sejak Dini, semoga apa yang telah kami jelaskan diatas dapat menambah pengetahuan kita bersama terutama tentang dunia kesehatan.

Waspada Osteoporosis, Kenali Tandanya Sejak Dini | Planter | 4.5